Pemimpin Korut Kim Jong-un menyampaikan pidato dalam peringatan 75 tahun berdirinya Partai Pekerja Korut pada Sabtu, 10 Oktober 2020. (Foto: Korean Central TV)
Pemimpin Korut Kim Jong-un menyampaikan pidato dalam peringatan 75 tahun berdirinya Partai Pekerja Korut pada Sabtu, 10 Oktober 2020. (Foto: Korean Central TV)

Kim Jong-un Berkukuh Tidak Ada Korban Covid-19 di Korut

Internasional Virus Korona kim jong-un korea utara
Willy Haryono • 11 Oktober 2020 10:46
Pyongyang: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berbicara di hadapan banyak orang yang tidak memakai masker di Pyongyang. Ia berterima kasih kepada semua orang karena tidak ada satu pun korban virus korona (covid-19) di Korut.
 
Berbicara dalam peringatan 75 tahun berdirinya Partai Pekerja Korut, Kim menyampaikan pidato emosional mengenai bagaimana negaranya dapat bertahan melewati berbagai cobaan, seperti rangkaian bencana alam dan juga pencegahan masuknya covid-19.
 
Dilansir dari laman CNN pada Sabtu, 10 Oktober 2020, saluran televisi Korean Central TV memperlihatkan sejumlah orang di dalam kerumunan yang menangis saat mendengar pidato Kim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya berharap Korea Selatan dapat mengatasi situasi covid-19, sehingga kedua kubu dapat berpegang tangan bersama," kata Kim.
 
Kim mengikuti parade peringatan tanpa menggunakan masker. Ia terlihat mencium beberapa anak kecil yang memberinya bunga. Tidak ada menjaga jarak sosial (social distancing) di antara kerumunan, yang juga tidak memakai masker.
 
Sejumlah pakar meyakini bahwa Korut, negara dengan total populasi sekitar 25 juta jiwa, mungkin memang telah berhasil terhindar dari efek pandemi covid-19 yang telah menginfeksi puluhan juta orang dan menelan lebih dari satu juta jiwa.
 
Joshua Berlinger dari CNN mengatakan pada Juli lalu bahwa Korut mungkin tidak mengidentifikasi covid-19 karena minimnya tes, atau telah berhasil mengisolasi klaster kecil infeksi namun tidak melaporkannya ke publik.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif