Ilustrasi repatriasi di Australia. Foto: AFP.
Ilustrasi repatriasi di Australia. Foto: AFP.

150 Warga Australia Tiba dari India Pada Akhir Pekan

Internasional India Australia covid-19 pandemi covid-19
Marcheilla Ariesta • 14 Mei 2021 14:30
Sydney: Penerbangan repatriasi pertama bagi warga Australia dari India akan tiba besok, Sabtu, 15 Mei 2021. Penerbangan pertama ini akan membawa 150 warga negara dan penduduk tetap Australia.
 
Mereka yang direpatriasi diharuskan menghabiskan dua pekan karantina di kamp pertambangan Howard Springs. Canberra melarang semua pelancong dari India, termasuk warganya memasuki Australia selama dua pekan hingga 15 Mei.
 
"Pelanggar dapat menghadapi tuntutan penjara," kata pemerintah yang menuai kritik dari beberapa anggota parlemen, ekspatriat, dan diaspora India.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari laman AFP, Jumat, 14 Mei 2021, pemerintah menargetkan untuk meningkatkan lebih dari dua kali lipat kapasitas di Howard Springs menjadi 2.000 orang setiap dua pekan.
 
Sementara itu, ada sekitar 9 ribu warga Australia dan penduduk tetap di India yang tengah berusaha mencari penerbangan pulang ke Negeri Kanguru.
 
Baca juga: Cabut Larangan, Australia akan Repatriasi Warganya dari India
 
Dua penerbangan repatriasi Royal Australian Air Force ke Northern Territory dijadwalkan bulan ini, dan pihak berwenang berencana untuk memulangkan sekitar 1.000 orang pada akhir Juni.
 
Mereka yang rentan akan diberi prioritas penerbangan.
 
India telah melaporkan lebih dari 300.000 kasus harian selama tiga minggu terakhir, membebani sistem kesehatannya.
 
Australia menutup perbatasan internasionalnya pada Maret 2020 untuk semua kecuali warga negara dan penduduk tetap. Sebagian besar pelancong yang kembali, kecuali yang dari Selandia Baru, harus dikarantina di hotel selama dua minggu dengan biaya sendiri.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif