PM Selandia Baru Jacinda Ardern. (Foto: AFP)
PM Selandia Baru Jacinda Ardern. (Foto: AFP)

Jacinda Ardern Jadi PM Terpopuler Selandia Baru

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Arpan Rahman • 20 Mei 2020 14:02
Wellington: Jacinda Ardern kini menjadi perdana menteri terpopuler dalam satu abad terakhir di Selandia Baru. Hal ini terlihat dari hasil survei terbaru Newshub-Reid Research, yang memperlihatkan popularitas Ardern berada di angka tertinggi dari semua PM di Selandia Baru.
 
Popularitas Ardern berada di angka 59,9 persen, atau naik 20,8 poin dari survei sebelumnya. Angka tersebut merupakan yang tertinggi dalam sejarah kepemimpinan di Selandia Baru.
 
Partai Buruh juga mengalami peningkatan popularitas sebanyak 14 poin menjadi 56,5 persen. Ini merupakan angka tertinggi yang pernah diraih partai apapun di negara tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara partai terbesar di parlemen Selandia Baru, The National, turun ke angka 30,6 persen setelah kehilangan 12,7 poin.
 
"(Angka) ini merupakan hasil dari kerja gabungan kita bersama," kata PM Ardern kepada Newshub. "Saya kebetulan memiliki kesempatan untuk dapat memimpin di momen saat ini," sambungnya, dikutip dari The Independent, Rabu 20 Mei 2020.
 
Survei Newshub juga memberikan gambaran mengenai sentimen publik di hari-hari terakhir pemberlakuan kebijakan penguncian wilayah (lockdown) level tiga. Sekitar 92 persen dari total responden menilai keputusan PM Ardern untuk menurunkan lockdown dari level 3 ke 2 merupakan langkah tepat.
 
Sebelum level 3, Selandia Baru memberlakukan lockdown level tertinggi yang berlangsung lebih dari sebulan. Meski saat ini lockdown telah turun ke level 2, Selandia Baru tetap menegakkan aturan menjaga jarak sosial (social distancing).
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Rabu ini, total kasus covid-19 di Selandia Baru berada di angka 1.503 dengan 21 kematian dan 1.447 pasien sembuh.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif