Ilustrasi hand sanitizer. (Foto: AFP)
Ilustrasi hand sanitizer. (Foto: AFP)

10 Orang di India Tewas usai Meminum Hand Sanitizer

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 01 Agustus 2020 09:20
Andhra Pradesh: Sedikitnya 10 orang tewas usai meminum hand sanitizer berbahan dasar alkohol di sebuah desa di negara bagian Andhra Pradesh, India. Mereka meminum hand sanitizer karena toko-toko minuman keras di India, termasuk di desa Kurichedu, ditutup di tengah melonjaknya angka kasus virus korona (covid-19).
 
Kepala kepolisian distrik Siddharth Kaushal mengatakan, 10 orang tersebut telah mencampur hand sanitizer dengan air dan minuman ringan. Mereka semua diketahui telah mengonsumsi campuran tersebut sekitar 10 hari sebelum kejadian.
 
"Kami sedang menginvestigasi apakah hand sanitizer tersebut mengandung racun," kata Kaushal, dilansir dari laman BBC, Jumat 31 Juli 2020. Polisi telah mengirim sampel hand sanitizer tersebut ke laboratorium.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beberapa orang yang sangat kecanduan alkohol telah mengonsumsinya agar bisa mabuk. Alkohol tidak tersedia karena lockdown, tapi hand sanitizer mudah didapat," sambungnya.
 
Pemerintah federal India telah membuka kembali hampir semua tempat usai demi menghindari keruntuhan ekonomi di tengah pandemi covid-19.
 
Pekan ini, India telah membuka kembali sejumlah institut yoga dan pusat kebugaran, dan pelonggaran lebih lanjut akan dilakukan terhadap aktivitas pergerakan orang dan barat.
 
Namun, banyak negara bagian di India masih melanjutkan lockdown di beberapa area spesifik tempat munculnya klaster covid-19.
 
Angka infeksi covid-19 di Andhra Pradesh dilaporkan telah meningkat sembilan kali lipat dalam sebulan terakhir.
 
Berdasarkan data Johns Hopkins University pada Sabtu ini, total kasus covid-19 di India telah melampaui 1,6 juta dengan 35 ribu lebih kematian dan 1.057.805 pasien sembuh.

 

(WIL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif