Sejumlah turis tiba di Bandara Haneda di Tokyo, Jepang, 11 Oktober 2022. (Richard A. Brooks / AFP)
Sejumlah turis tiba di Bandara Haneda di Tokyo, Jepang, 11 Oktober 2022. (Richard A. Brooks / AFP)

Jepang Wajibkan Tes Negatif Covid-19 Bagi Pendatang asal Tiongkok

Willy Haryono • 27 Desember 2022 18:24
Tokyo: Jepang akan mewajibkan hasil negatif tes Covid-19 bagi setiap pelancong asal pulau utama Tiongkok yang tiba di Negeri Sakura. Kebijakan baru ini merupakan antisipasi Jepang terhadap lonjakan kasus harian di Tiongkok.
 
"Pelancong asal Tiongkok yang memiliki hasil positif tes Covid-19 akan diwajibkan menjalani karantina selama tujuh hari," kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida kepada awak media di Tokyo, Selasa, 27 Desember 2022.
 
Melansir dari laman Al Arabiya News, kebijakan baru Jepang terkait pendatang asal Tiongkok ini akan mulai berlaku pada tanggal 30 Desember tengah malam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami juga akan membatasi permintaan dari sejumlah maskapai untuk meningkatkan penerbangan menuju Tiongkok," tutur PM Kishida.
 
Jepang mulai membuka kembali perbatasan mereka terhadap kedatangan turis pada Oktober lalu, setelah dua tahun sebelumnya menerapkan pembatasan ketat Covid-19.
 
Kala itu, semua pendatang harus memperlihatkan bukti vaksinasi atau hasil negatif tes Covid-19 sebelum berangkat ke Jepang.
 
Sementara itu, Tiongkok mengatakan bahwa pihaknya hanya akan merilis data-data terkait Covid-19 satu kali dalam sebulan. Data resmi Pemerintah Tiongkok mencatat hanya ada satu kematian terkait Covid-19 dalam tujuh hari terakhir hingga Senin kemarin.
 
Data ini meningkatkan keraguan di kalangan pakar kesehatan dan masyarakat umum mengenai akuntabilitas pemerintah pusat di Beijing.
 
Baca:  Tiongkok Hanya Akan Rilis Data Covid-19 Satu Kali dalam Sebulan
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif