Pesawat pengebom Tu-95. (ALEXANDER NEMENOV / AFP)
Pesawat pengebom Tu-95. (ALEXANDER NEMENOV / AFP)

Korsel: Pesawat Tempur Rusia dan Tiongkok Masuk Wilayah Pertahanan Udara Kami

Marcheilla Ariesta • 30 November 2022 16:50
Pohang: Korea Selatan (Korsel) melaporkan, pesawat jet tempur Tiongkok dan Rusia memasuki wilayah pertahanan udara mereka pada Rabu, 30 November 2022. Korsel pun mengerahkan jet tempurnya sebagai tindakan taktis atas pelanggaran tersebut.
 
Menurut laporan Korsel, ada dua pesawat tempur Tiongkok dan enam Rusia yang memasuki wilayah pertahanan udara mereka.
 
Kepala staf gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan, pesawat pengebom H-6 Tiongkok berulang kali memasuki dan meninggalkan Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea (KADIZ) di lepas pantai selatan dan timur laut negara itu sekitar pukul 05.50 waktu setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada pukul 06.44, jet memasuki kembali zona dari daerah timur laut kota pelabuhan selatan Korea Selatan Pohang, dan keluar dari zona pada pukul 07.07," lapor kantor berita Yonhap.
 
Pada pukul 12.18, enam pesawat Rusia, termasuk empat pengebom TU-95 dan dua pesawat tempur SU-35 bersama dengan dua pengebom H-6 Tiongkok, terbang ke KADIZ dari area 200 kilometer timur laut Pulau Ulleung selatan dan keluar dari zona tersebut pukul 12.36.
 
"Jet F-15K Korea Selatan dikerahkan sebagai langkah taktis melawan potensi situasi yang tidak disengaja," sambung JCS.
 
Insiden itu terjadi hanya beberapa minggu setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) melanjutkan latihan militer mereka.
 
Awal bulan ini, Presiden AS Joe Biden memperingatkan Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk tidak terlibat dalam uji coba nuklir jarak jauh. Jika tidak dipatuhi, maka AS akan meningkatkan kehadiran militernya untuk mempertahankan diri bersama dengan sekutunya, Korea Selatan dan Jepang.
 
Peringatan itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan di Asia Timur, dengan Korea Utara melakukan 30 uji coba rudal bulan ini dan lebih dari 60 tahun ini.
 
Selama ini, AS menyalahkan Tiongkok dan Rusia sebagai dua negara yang memungkinkan Korea Utara dalam melakukan uji coba rudal.
 
Baca:  Pasukan Tiongkok ke Rusia untuk Latihan Militer Gabungan
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif