NEWSTICKER
Kapal pesiar Diamond Princess saat berlabuh di Pelabuhan Yokohama. Foto: AFP
Kapal pesiar Diamond Princess saat berlabuh di Pelabuhan Yokohama. Foto: AFP

Kapal Episentrum Covid-19 di Jepang Tinggalkan Yokohama

Internasional Virus Korona jepang Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 25 Maret 2020 20:07
Yokohama: Kapal pesiar Diamond Princess meninggalkan Yokohama. Kapal ini membuat episentrum virus korona covid-19 di Jepang dan menyebabkan 712 penumpangnya terjangkit virus tersebut.
 
"Pekerjaan desinfeksi telah selesai. Karantina yang dilakukan juga sudah selesai," kata seorang pejabat kota Yokohama, dilansir dari Channel News Asia, Rabu 25 Maret 2020.
 
"(Kapal) itu meninggalkan dermaga sekitar pukul 05.00 (waktu setempat)," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keberangkatan ini mengakhiri masa berlabuh kapal selama dua bulan di Yokohama. Kapal tersebut awalnya mengangkut sekitar 3.700 penumpang dan awak.
 
Namun, tiba-tiba seluruh penumpang dan awak kapal diminta tetap berada di dalam kabin kecil mereka selama dua pekan untuk dikarantina mulai 5 Februari.
 
Kapal tiba dari Yokohama pada 3 Februari setelah seorang mantan penumpang meninggalkan kapal di Hong Kong, dan dinyatakan positif terkena virus.
 
Tokyo mengklaim karantina itu efektif, namun penumpang, kru kapal, dan dokter yang memeriksa melaporkan kurangnya alat perlindungan yang memadai bagi petugas karantina. Jumlah infeksi baru juga melonjak setiap hari dan memicu kritik internasional terhadap Jepang.
 
Sejumlah negara, seperti Australia, Korea Selatan dan Amerika Serikat mengunakan pesawat charter untuk memulangkan warga mereka dari kapal. begitu pula Pemerintah Indonesia yang memulangkan para awak kapal WNI.
 
Jepang sendiri mengizinkan penumpang dan kru untuk turun dari kapal pada 19 Februari jika mereka dinyatakan negatif virus. Namun, beberapa penumpang yang turun kemudian mengalami demam dan gejala seperti pneumonia, kemudian dinyatakan positif terjangkit covid-19.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif