Menlu Pakistan Shah Mahmood Qureshi. (AFP/File)
Menlu Pakistan Shah Mahmood Qureshi. (AFP/File)

Pakistan Tuduh India Ganggu Proses Perdamaian Afghanistan

Internasional india konflik afghanistan taliban afghanistan konflik india-pakistan pakistan
Willy Haryono • 18 Januari 2021 10:40
Islamabad: Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi menuduh India telah mengganggu proses perdamaian konflik Afghanistan yang terus berjalan hingga saat ini. Perwakilan Afghanistan dan kelompok Taliban telah memulai kembali dialog damai di Doha, Qatar, beberapa hari lalu.
 
"Kami sudah menyampaikan kekhawatiran kami kepada Pemerintah Afghanistan dan komunitas internasional dengan menghadirkan bukti-bukti," ujar Qureshi, tanpa mengelaborasi lebih lanjut.
 
Baca:  PM Pakistan Tuduh India Dukung ISIS

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari laman Dawn pada Senin, 18 Januari 2021, India belum berkomentar mengenai tuduhan Menlu Pakistan ini.
 
Selain isu Afghanistan, Qureshi juga berbicara mengenai masalah status Kashmir. Ia mengklaim bahwa komunitas internasional kini sudah menyadari apa yang disuarakan Pakistan dalam dua tahun terakhir.
 
Ia mengatakan bahwa parlemen Inggris telah menyatakan konflik di Kashmir sebagai isu level internasional. Menurutnya, pernyataan tersebut merupakan hal baik bagi warga Kashmir.
 
Pakistan dan India telah dua kali berperang memperebutkan Kashmir sejak berakhirnya kekuasaan kolonial Inggris di tahun 1947. Kedua negara sama-sama mengklaim keseluruhan wilayah Kashmir, yang saat ini dipisahkan oleh LoC.
 
Gencatan senjata secara teknis berlaku di LoC sejak 2003, namun kerap kali dilanggar oleh Pakistan dan juga India. Laporan mengenai baku tembak di LoC sering terdengar dari waktu ke waktu dalam dua tahun terakhir.
 
Kembali ke Afghanistan, rangkaian aksi kekerasan terus melanda negara tersebut meski dialog damai sedang berlangsung di Qatar. Dalam sebuah serangan terbaru, dua hakim perempuan tewas ditembak orang tak dikenal di wilayah Kabul.
 
Keduanya ditembak saat sedang bertolak menuju kantor mereka di gedung Mahkamah Agung Afghanistan.
 
Baca:  Dua Hakim Perempuan Afghanistan Tewas Ditembak
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif