Warga mengantre jatah vaksin covid-19 di Beijing, Tiongkok pada 8 Januari 2021. (STR/CNS/AFP/Getty)
Warga mengantre jatah vaksin covid-19 di Beijing, Tiongkok pada 8 Januari 2021. (STR/CNS/AFP/Getty)

Tiongkok Telah Suntikkan 9 Juta Vaksin Covid-19 ke Kelompok Rentan

Internasional Virus Korona tiongkok covid-19 pandemi covid-19 vaksin covid-19
Willy Haryono • 09 Januari 2021 19:03
Beijing: Pemerintah Tiongkok telah menyuntikkan 9 juta dosis vaksin virus korona (covid-19) ke kelompok-kelompok rentan, termasuk orang lanjut usia. Data terbaru disampaikan Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok (NHC) pada Sabtu, 9 Januari 2021.
 
"Sejak 15 Desember, sekitar 7,5 juta warga di seantero Tiongkok telah menerima satu dosis vaksin covid-19," kata NHC, dilansir dari laman CNN.
 
Sebelum itu, sekitar 1,6 juta dosis telah disuntikkan ke kelompok masyarakat yang masih kategori berisiko tinggi tertular covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vaksin yang telah disetujui penggunaannya di tengah masyarakat luas di Tiongkok adalah buatan perusahaan Sinopharm. Pihak perusahaan mengatakan, vaksinnya memiliki tingkat efektivitas hingga 79,34 persen berdasarkan data-data interim uji klinis Fase 3 atau terakhir.
 
Untuk mencapai tingkat efektivitas yang diharapkan, Sinopharm mengatakan seseorang perlu mendapat setidaknya dua dosis vaksin.
 
Selain buatan Sinopharm, Tiongkok memiliki empat kandidat vaksin lainnya yang saat ini sudah memasuki uji klinis Fase 3.
 
Awal Januari lalu, Ribuan warga Beijing beramai-ramai mengantre untuk mendapatkan jatah suntikan vaksin covid-19. Tiongkok terus mendorong laju vaksinasi covid-19 menjelang musim liburan Tahun Baru Imlek pada Februari mendatang.
 
Baca:  Ribuan Warga Beijing Mengantre Jatah Vaksin Covid-19
 
Lebih dari 73 ribu orang di ibu kota Tiongkok telah menerima dosis pertama vaksin covid-19 dalam beberapa hari terakhir.
 
Pada malam menjelang pergantian tahun, otoritas kesehatan Tiongkok telah mengeluarkan izin penggunaan bersyarat bagi vaksin covid-19 buatan perusahaan Sinopharm.
 
Sebelumnya, Beijing telah menyuntikkan sekitar 4,5 juta dosis vaksin covid-19 yang kala itu belum mendapat izin penggunaan. Sebagian besar vaksin itu disuntikkan ke para tenaga kesehatan dan pegawai negeri sipil.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif