Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Dok. Kemenlu RI).
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Dok. Kemenlu RI).

RI Minta AS Hentikan Rencana Israel Aneksasi Tepi Barat

Internasional israel palestina
Marcheilla Ariesta • 28 Mei 2020 19:05
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meminta agar Amerika Serikat menghentikan rencana Israel untuk mencaplok Tepi Barat. Permintaan ini disampaikan Menlu Retno saat berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.
 
"Saya kemarin juga menerima telepon dari Menlu AS Mike Pompeo, dan membahas tiga isu, yakni perkembangan perdamaian di Afghanistan, kerja sama dalam penanganan virus korona, dan isu Palestina," kata Retno dalam jumpa pers virtual, Kamis 28 Mei 2020.
 
Retno menegaskan posisi Indonesia tidak berubah atas isu Palestina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya harap kepemimpinan AS bisa mencegah rencana aneksasi wilayah Tepi Barat oleh Israel tidak terealisasikan," imbuhnya.
 
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan akan mencaplok wilayah Tepi Barat. Dia menambahkan tidak akan melewatkan sebuah 'kesempatan historis' untuk memperluas kedaulatan mereka.
 
"Kita memiliki sebuah kesempatan historis yang belum pernah ada sejak 1948, yakni menerapkan kedaulatan sebagai langkah diplomatik di Judea dan Samaria," ujar PM Netanyahu, merujuk tahun kelahiran Israel dan nama lain dari Tepi Barat.
 
Sementara itu, Palestina menganggap rencana pencaplokan Tepi Barat sebagai sesuatu yang ilegal dan bertentangan dengan hukum internasional.
 
Pekan kemarin, Palestina mendeklarasikan akhir dari segala bentuk kerja sama dengan Israel dan Amerika Serikat. Langkah tersebut merupakan bagian dari aksi protes terhadap rencana pencaplokan Tepi Barat.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif