Pusat uji covid-19 di Chengdu, Tiongkok./AFP
Pusat uji covid-19 di Chengdu, Tiongkok./AFP

Pemerintah Tiongkok Kunci 21,2 Juta Penduduk Chengdu Akibat Covid-19

Marcheilla Ariesta • 01 September 2022 16:42
Chengdu: Salah satu kota terbesar di Tiongkok, Chengdu mengumumkan penguncian 21,2 juta penduduknya akibat covid-19. Mereka juga akan meluncurkan empat hari pengujian covid-19 di seluruh kota.
 
Semua penduduk di Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, sebagian besar diperintahkan untuk tinggal di rumah mulai pukul 16.00 pada Kamis, 1 September 2022.
 
"Pemerintah mengizinkan satu orang per hari dari setiap rumah tangga untuk berbelanja kebutuhan pokok," kata pemerintah kota dalam sebuah pernyataan, dilansir dari AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Chengdu adalah kota terbesar yang dikunci sejak Shanghai ditutup selama dua bulan awal tahun ini. Masih belum jelas apakah penguncian akan dicabut setelah skema pengujian massal dilakukan hingga Minggu.
 
Kota-kota besar lainnya termasuk Shenzhen di selatan dan Dalian di timur laut juga telah meningkatkan pembatasan covid-19 pekan ini, mulai dari persyaratan kerja dari rumah hingga penutupan bisnis hiburan di beberapa distrik besar.
 
Baca juga: 1,7 juta Tiongkok Kembali Dikurung Lockdown Akibat Covid-19
 
Langkah-langkah tersebut membatasi aktivitas puluhan juta orang, mengintensifkan tantangan bagi Tiongkok untuk meminimalkan dampak ekonomi dari kebijakan 'nol covid-19'. 
 
Karyawan sektor yang tidak penting di Chengdu diminta untuk bekerja dari rumah, dan penduduk didesak untuk tidak meninggalkan kota kecuali diperlukan. Penghuni yang harus meninggalkan kompleks perumahan mereka untuk kunjungan rumah sakit atau kebutuhan khusus lainnya harus mendapatkan persetujuan dari staf lingkungan.
 
Perusahaan industri yang bergerak di bidang manufaktur penting dan mampu mengelola di kampus tertutup dibebaskan dari persyaratan kerja dari rumah.
 
Penerbangan juga dikurangi secara drastis, baik dari dan ke Chengdu. Sementara itu wilayah Baoan di Shenzhen menangguhkan acara besar dan hiburan dalam ruangan selama tiga hari dan memerintahkan pemeriksaan yang lebih ketat terhadap kredensial kesehatan digital orang-orang ketika mereka memasuki kompleks perumahan.
 
Data pada hari ini menunjukkan, aktivitas pabrik Tiongkok berkontraksi untuk pertama kalinya dalam tiga bulan pada Agustus ini di tengah melemahnya permintaan. Pengganggunya adalah kekurangan listrik dan wabah covid-19.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif