Warga India lakukan tes untuk mengetahui infeksi covid-19. Foto: AFP
Warga India lakukan tes untuk mengetahui infeksi covid-19. Foto: AFP

Fakta Mengenai Varian Covid-19 India

Internasional India Virus Korona covid-19 pandemi covid-19
Fajar Nugraha • 22 April 2021 16:38

 
"Mutan ganda bukanlah istilah ilmiah. Ini hanyalah mutan lain yang tampaknya unik di India," kata Ramanan Laxminarayan, pendiri the Center for Disease Dynamics, Economics & Policy
di New Delhi, pada Maret lalu.
 
WHO pada Jumat 16 April mengatakan bahwa mereka sedang memantau varian tersebut. Sementara Direktur Teknis WHO Dr Maria Van Kerkhove menggambarkannya sebagai ‘mengkhawatirkan’.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Memiliki dua mutasi ini, yang telah terlihat pada varian lain di seluruh dunia, mengkhawatirkan karena ada kesamaan dalam mutasi ini yang memberikan peningkatan transmisi, misalnya,” katanya.
 
"Beberapa dari mutasi ini mengakibatkan berkurangnya netralisasi yang mungkin berdampak pada tindakan balasan kami, termasuk vaksin,” jelasnya.

2. Kurang data varian

Ketika varian itu pertama kali terdeteksi, pejabat kesehatan mengatakan bahwa varian itu belum terdeteksi dalam jumlah yang cukup besar untuk menghubungkannya dengan lonjakan kasus di Maharashtra dan negara bagian India lainnya.
 
Pada saat itu, Laxminarayan berkata: "Kami tidak memiliki bukti bahwa varian ini lebih dapat menular atau lebih mematikan daripada yang telah kami miliki."
 
Inggris, yang telah mendeteksi lebih dari 100 kasus varian tersebut, sedang menyelidikinya. Namun mereka tidak memiliki cukup bukti untuk mengklasifikasikannya sebagai varian yang memprihatinkan, kata Susan Hopkins dari Public Health England Minggu lalu.
 
Berbicara di Andrew Marr Show di televisi BBC, Hopkins mengatakan: "Kami belum mendapatkan cukup data tentang varian ini untuk mengklarifikasi apakah itu varian yang menjadi perhatian. Kami telah menempatkannya sebagai varian yang sedang diselidiki.”
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif