Kardinal George Pell. Foto: AFP.
Kardinal George Pell. Foto: AFP.

Polisi Australia Selidiki Transfer Dana dari Vatikan Terkait George Pell

Internasional australia vatikan
Marcheilla Ariesta • 22 Oktober 2020 22:27
Melbourne: Polisi Australia tengah menyelidiki dugaan transfer dana Vatikan ke Australia. Penyelidikan ini dilakukan di tengah penuntutan mantan bendahara Vatikan, George Pell atas pelecehan seksual terhadap anak.
 
Laman Channel News Asia, Rabu, 21 Oktober 2020, melaporkan Polisi Federal Australia (AFP) telah menerima informasi dari pengawas kejahatan keuangan Australia.
 
"AFP sedang melakukan peninjauan atas informasi tersebut," kata polisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AFP mengatakan pihak mereka telah merujuk masalah ini ke Komisi Anti-korupsi Berbasis Luas Independen Victoria (IBAC), yang menyelidiki pelanggaran oleh polisi di negara bagian tersebut.
 
Polisi di negara bagian Victoria pada 2017 mengajukan beberapa dakwaan terhadap Pell. Namun, hanya satu kasus, yang melibatkan dua mantan anggota paduan suara yang disidangkan pada 2018.
 
Media Italia baru-baru ini melaporkan bahwa Kardinal Italia Angelo Becciu mengirim 700 ribu euro (setara Rp12 miliar) ke Australia untuk membantu Pell saat ia menghadapi tuduhan penyerangan seksual. Namun, hal tersebut dibantah pengacara Becciu.
 
Kepala Pusat Laporan dan Analisis Transaksi Australia (AUSTRAC) mengatakan kepada komite Senat, bahwa badan tersebut telah menyelidiki tuduhan itu dan memberikan informasi kepada AFP serta polisi Victoria.
 
"Saya dapat mengonfirmasi AUSTRAC telah menyelidiki masalah tersebut dan kami telah memberikan informasi kepada AFP dan Kepolisian Australia," ujar Kepala Eksekutif AUSTRAC, Nicole Rose.
 
Pell dibebaskan oleh Pengadilan Tinggi Australia pada April lalu setelah menjalani 13 bulan penjara atas tuduhan dia melakukan penyerangan seksual pada dua anak paduan suara.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif