Ilustrasi korona. Foto: Medcom.id.
Ilustrasi korona. Foto: Medcom.id.

Peneliti Hong Kong Sebut Obat Maag Jadi Obat Potensial Covid-19

Internasional Virus Korona
Marcheilla Ariesta • 12 Oktober 2020 19:11
Hong Kong: Para ilmuwan di Hong Kong mengumumkan obat anti-mikroba yang digunakan untuk mengobati sakit maag dan infeksi akibat bakteri dapat mengalahkan virus korona (covid-19). Mereka mengatakan harga obat tersebut terjangkau.
 
Para peneliti mulai mengeksplorasi jika metalodrug -senyawa yang mengandung logam yang lebih umum digunakan melawan bakteri- mungkin memiliki sifat antivirus yang dapat melawan virus korona SARS-CoV-2.
 
Menggunakan hamster Suriah sebagai subyek tes, para peneliti menemukan bahwa obat ranitidine bismuth citrate (RBC) merupakan obat anti covid-19 yang manjur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"RBC mampu menurunkan viral load di paru-paru hamster yang terinfeksi hingga 10 kali lipat," kata peneliti Universitas Hong Kong, Runming Wang, dilansir dari Channel News Asia, Senin, 12 Oktober 2020.
 
"Temuan kami menunjukkan bahwa RBC merupakan obat anti-virus potensial untuk covid-19," imbuhnya.
 
Virus korona telah menewaskan lebih dari satu juta orang sejak pertama kali muncul di Tiongkok pada Desember lalu. Virus ini kemudian menyebar ke seluruh dunia.
 
Para ilmuwan berjuang untuk menemukan vaksin. Mereka juga telah mencari obat yang tersedia yang bisa meringankan gejala atau yang membantu tubuh melawan infeksi.
 
Remdesivir, obat antivirus berspektrum luas dan deksametason, sejenis kortikosteroid diidentifikasi berhasil melawan virus. Kedua obat ini yang digunakan dokter untuk merawat Presiden Amerika Serikat Donald Trump usai ia mengumumkan terinfeksi covid-19.
 
Namun, kedua obat ini memiliki kekurangan. Remdesivir mahal dan stoknya tidak memenuhi secara global.
 
Sementara deksametason memiliki efek penekanan kekebalan yang berisiko untuk semua kecuali pasien dengan kondisi terparah. Sedangkan obat lainnya menunjukkan kerusakan hati yang bisa menjadi risiko lebih lanjut.
 
Para ilmuwan Hong Kong mengatakan RBC merupakan obat umum yang digunakan untuk melawan tukak lambung dengan profil farmakologis yang aman dan komprehensif.
 
"Sudah digunakan selama beberapa dekade, jadi cukup aman," imbuhnya.
 
Mereka menambahkan penelitiannya telah diterbitkan dalam jurnal Nature Microbiology. Mereka juga menyarankan metalodrug lain mungkin juga berhasil melawan virus dan harus dieksplorasi lebih lanjut.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif