Parade militer Korea Utara. Foto: AFP.
Parade militer Korea Utara. Foto: AFP.

Korut Gelar Parade Militer Peringati 75 Tahun Berdirinya Partai Buruh

Internasional korea utara
Marcheilla Ariesta • 10 Oktober 2020 18:03
Pyongyang: Korea Utara mengadakan parade militer hari ini, Sabtu, 10 Oktober 2020 secara besar-besaran. Parade militer ini dilakukan untuk menandai peringatan 75 tahun berdirinya Partai Buruh yang berkuasa.
 
Dalam peringatan yang dilakukan di Pyongyang, terdapat serangkaian konser dan festival yang diawasi ketat di seluruh wilayah. Acara ini menjadi kegiatan rutin pemimpin Kim Jong-un memberikan pesan kepada masyarakat dan tamu undangan asing yang hadir.
 
Laman Malay Mail melaporkan kepala staf gabungan Korea Selatan melihat tanda-tanda bahwa parade berskala besar itu terjadi di ibu kota Pyongyang. Namun mereka tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada tanda bahwa Korea Utara melakukan parade militer pagi ini di Lapangan Kim Il-sung dengan mengerahkan peralatan dan personel berskala besar," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.
 
"Otoritas intelijen Korea Selatan dan AS sedang memantau perkembangan, termasuk kemungkinan bahwa itu adalah kegiatan utama," imbuhnya.
 
Selama beberapa pekan, citra satelit komersial menunjukkan ribuan tentara Korea Utara latihan berbaris. Pejabat Korsel mengatakan Korut dapat menggunakan parade untuk mengungkap rudal balistik antarbenua (ICBM) baru, atau rudal balistik yang diluncurkan kapal selam.
 
Diplomat asing di Pyongyang kerap diundang untuk menghadiri perayaan tersebut. Namun, menurut Kedutaan Besar Rusia, semua misi diplomatik asing di sana diminta untuk menahan diri dari bepergian ke kota.
 
Pasalnya, kegiatan ini dilakukan di tengah pandemi virus korona (covid-19). Korut hingga saat ini belum melaporkan infeksi domestik apapun.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif