Seorang warga memakai masker saat beraktivitas di kota Melbourne, Victoria, Australia. (William WEST AFP/File)
Seorang warga memakai masker saat beraktivitas di kota Melbourne, Victoria, Australia. (William WEST AFP/File)

Victoria Catat Nol Kasus Harian Covid-19

Internasional Virus Korona australia pandemi covid-19
Willy Haryono • 26 Oktober 2020 10:24
Victoria: Victoria di Australia mencatat nol kasus harian virus korona (covid-19) untuk kali pertama sejak Melbourne -- ibu kota negar bagian tersebut -- menerapkan penguncian (lockdown) pada Juni lalu. Victoria merupakan episentrum gelombang kedua covid-19 di Australia, yang menyumbang sekitar 90 persen dari 905 kematian di Negeri Kanguru.
 
Juli lalu, kasus harian covid-19 di Victoria sempat melampaui 700. Namun aturan tetap berada di rumah (stay-at-home) dan juga jam malam telah berhasil menekan lonjakan infeksinya.
 
Otoritas Victoria berencana segera melonggarkan berbagai pembatasan di Melbourne, kota terbesar kedua di Australia. Awalnya pelonggaran akan dilakukan pada Minggu kemarin, namun ditunda karena munculnya klaster kecil covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Senin ini, departemen kesehatan Victoria mencatat nol kasus harian covid-19 tanpa ada satu pun kematian. Terakhir kalinya Victoria mencatat nol infeksi harian covid-19 adalah pada 9 Juni.
 
Melbourne menerapkan lockdown saat ini -- kali kedua sepanjang 2020 -- pada 7 Juli lalu. Setelah mendeklarasikan lockdown, otoritas negara bagian mewajibkan aturan stay-at-home untuk seantero Victoria.
 
Di bawah lockdown, sebagian besar toko retail, restoran, dan tempat kerja di Victoria masih ditutup. Pekan kemarin, warga Melbourne mendapat waktu dua jam untuk bersosialisasi atau berolahraga di luar ruangan, namun dibatasi hanya dalam radius 5 kilometer dari rumah.
 
Lockdown ketat di Melbourne memicu opini beragam dari warga dan juga pemilik tempat usaha. Beberapa aksi protes menentang lockdown sempat terjadi di kota tersebut.
 
Baca:Polisi Tangkap 74 Orang dalam Demo Anti-Lockdown di Melbourne
 
Seiring menurunnya jumlah kasus covid-19 di Melbourne, para pemilik tempat usaha beramai-ramai menyerukan agar lockdown dicabut sepenuhnya. Namun sebagian besar menyuarakan dukungannya terhadap lockdown demi menekan transmisi covid-19.
 
Berdasarkan data Johns Hopkins University pada Senin ini, total kasus covid-19 di Australia telah melampaui 27 ribu dengan 905 kematian dan 25.190 pasien sembuh.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif