Otoritas kesehatan Korea Selatan lakukan tes covid-19 kepada warga. Foto: AFP
Otoritas kesehatan Korea Selatan lakukan tes covid-19 kepada warga. Foto: AFP

Korsel Catat 103 Kasus Baru Covid, Mayoritas Penularan Lokal

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Marcheilla Ariesta • 14 Agustus 2020 14:42
Seoul: Korea Selatan (Korsel) melaporkan 103 kasus baru virus korona (covid-19) dalam sehari. Sebanyak 85 diantaranya merupakan infeksi lokal.
 
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (KCDC) Korea melaporkan angka itu paling banyak ditularkan secara lokal sejak akhir Maret. Dengan dilaporkannya kasus baru, maka total kasus infeksi di Negeri Ginseng menjadi 14.873 dengan 305 kematian.
 
Laman Yonhap melaporkan otoritas kesehatan setempat mendeteksi tiga urutan genom baru yang bermutasi dari virus korona tersebut. Genom baru itu terdapat di tiga kasus impor covid-19 di negara tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemungkinan mutasi terdeteksi dalam 'lonjakan protein' virus, yang diketahui membantu covid-19 menembus ke dalam sel manusia yang hidup," kata media itu dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Tiga kasus infeksi impor dengan genom baru terdapat di dua orang dari Pakistan dan seorang warga Uzbekistan.
 
Di awal pandemi, Korsel dianggap sebagai salah satu negara yang terpukul di luar Tiongkok. Namun, negara ini mampu mengendalikan angka infeksi dengan melakukan program 'lacak, uji, dan obati' secara meluas.
 
Padahal, Korea Selatan tidak pernah menerapkan penguncian (lockdown) untuk menghentikan laju infeksi. Namun, belakangan, beberapa klaster baru kembali muncul dan menyebabkan semakin bertambahnya angka infeksi di negara itu.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif