ICC sudah melakukan ibadah online sejak lockdown di Melbourne pada awal tahun ABC News/Koleksi ICC
ICC sudah melakukan ibadah online sejak lockdown di Melbourne pada awal tahun ABC News/Koleksi ICC

Gereja di Melbourne Upayakan Gelar Natal Tatap Muka

Internasional Virus Korona australia covid-19
Surya Perkasa • 15 November 2020 06:58
Melbourne: Gereja Indonesian Christian Church (ICC) di Melbourne belum melaksanakan ibadah dan persekutuan doa tatap muka walau sejumlah rumah ibadah sudah dibuka mulai pekan ini. Pihak gereja menyebut masih banyak harus dikerjakan untuk bisa menerima jemaat dalam ibadah tatap muka seperti sebelum pandemi covid-19.
 
"Sambungan internet kami sudah ada, tapi itu hanya one puzzle among many, artinya ada beberapa hal seperti sound, belum lagi aturan duduknya, semuanya itu perlu dipertimbangkan," kata Pendeta di gereja ICC Melbourne, Christian Tirta, dilansir dari ABC News, Minggu, 15 November 2020.
 
Menurut Christian, "cukup banyaknya proses baru" yang harus diperhatikan petugas untuk menjalankan ibadah tatap muka menjadi salah satu pertimbangan ICC. Namun, pihak gereja berharap dan berencana untuk membuka kembali pintu gereja menjelang akhir tahun 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


ICC sudah melakukan ibadah online sejak awal tahun ini. Menurut Christian, cara tersebut membawa tantangan tersendiri.
 
"Saya pikir kebanyakan dari komunitas gereja merasakan, walaupun kita bersyukur dengan teknologi Zoom yang di satu sisi lebih convenient ... tapi juga sangat terbatas," kata dia.
 
"Secara teologis gereja itu bukan hanya siaran di layar, tapi pertemuan kita secara fisik, secara jasmani dengan sesama jemaat Tuhan satu sama lain."
 
Saat ini, mereka sudah mulai mengecek peralatan suara, merencanakan peletakan tempat duduk, dan memastikan keberadaan koneksi internet yang terbaik untuk mempersiapkan ibadah Hari Natal.
 
"Kalaupun tidak bisa ketemu di gedung mungkin mereka bisa mengadakan semacam satellite meeting, di mana dua sampai tiga keluarga bisa berkumpul untuk menyaksikan ibadah bersama."
 
(SUR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif