Roket Nuri dari Korea Selatan yang gagal mengorbit. Foto: AFP
Roket Nuri dari Korea Selatan yang gagal mengorbit. Foto: AFP

Roket yang Diluncurkan Korsel Gagal Mencapai Orbit

Internasional korea selatan Roket Nuri Nuri Gagal Capai Orbit
Marcheilla Ariesta • 22 Oktober 2021 15:48
Seoul: Korea Selatan (Korsel) meluncurkan roket luar angkasa pertamanya yang diberi nama Nuri. Namun sayang, ternyata Nuri gagal mencapai orbit.
 
Peluncuran dilakukan pada Kamis, 21 Oktober 2021. Muatan tiruan yang dibawa Nuri dilaporkan tidak mencapai orbit yang tepat.
 
"Nuri gagal menyelesaikan misinya," kata Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, dilansir dari The Korean Herald, Jumat, 22 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nuri belum bisa menempatkan muatan ke orbit yang ditargetkan, tapi berhasil mengirim roket ke orbit 700 kilometer itu merupakan pencapaian besar," lanjut Moon.
 
Negeri Ginseng saat ini sedang mengembangkan desain roket keduanya selama lebih dari satu dekade. Roket kedua ini dikenal dengan nama Korean Space Launch Vehicle-II.
 
Pada 2013, Korea Selatan berhasil meluncurkan roket pertama mereka yang dinamakan Naro pada upaya ketiga. Naro membawa satelit seberat 100 kilogram pada peluncuran bersejarahnya.
 
Sementara itu, satelit tiruan Nuri untuk peluncuran ini memiliki berat 1,5 ton. Namun, meskipun gagal mencapai orbit yang ditargetkan, Nuri menjadi roket Korsel pertama yang mampu mengangkat 1 ton ke orbit bumi.
 
Presiden ini hanya dicapai oleh enam negara lainnya, seperti Amerika Serikat, Rusia, Prancis, Tiongkok, India dan Jepang. Peluncuran Nuri berikutnya akan dijadwalkan pada 19 Mei 2022. Target ketinggiannya sama dan membawa muatan yang nyata.
 
Moon menekankan, Korea Selatan ingin mendaratkan pesawat ruang angkasa di bulan pada tahun 2030 dengan Nuri terbang kembali setidaknya empat kali sebelum 2027.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif