Pemandangan salah satu sudut kota Melbourne, Australia. (Foto: AFP)
Pemandangan salah satu sudut kota Melbourne, Australia. (Foto: AFP)

Restoran Cepat Saji di Australia Jadi Klaster Baru Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Arpan Rahman • 13 Mei 2020 14:02
Melbourne: Lebih dari 90 pegawai di restoran cepat saji McDonald's di Melbourne, Australia, telah menjalani tes virus korona (covid-19). Tes dilakukan usai empat pegawai di restoran tersebut dinyatakan positif covid-19.
 
Total enam orang kini terkait dengan klaster covid-19 di salah satu gerai McDonald's di area Fawkner, Melbourne, Victoria. Empat individu terjangkit adalah pegawai, sedangkan dua lainnya adalah anggota keluarga mereka.
 
Individu terjangkit pertama di McDonald's Fawkner jatuh sakit pada April lalu, namun dirinya terus mengisolasi diri di dalam rumah. Sementara individu kedua didiagnosis covid-19 pada Jumat pekan kemarin usai sempat masuk kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Departemen Kesehatan Victoria melaporkan individu ketiga dinyatakan terjangkit covid-19 pada Selasa kemarin. Otoritas kesehatan setempat terus berkoordinasi dengan pihak restoran untuk memastikan diambilnya langkah-langkah tepat.
 
"Tidak ada bukti karyawan kami terjangkit covid-19 saat berada di dalam restoran," kata juru bicara waralaba McDonald's cabang Australia kepada 9News, Rabu 13 Mei 2020.
 
Usai munculnya kasus pertama, McDonald's di Fawkner tetap dibuka. Namun restoran memutuskan menutup operasi pada Jumat kemarin untuk melakukan pembersihan mendalam karena munculnya beberapa kasus lain.
 
"Kami terus berkomunikasi dengan pegawai yang terinfeksi pada setiap harinya. Kami juga memastikan mereka tetap mengisolasi diri di dalam rumah meski hanya mengalami gejala ringan atau tidak ada gejala sama sekali," sebut jubir McDonald's.
 
"Tidak hanya itu, kami juga terus bekerja sama dengan Departemen Kesehatan. Semua karyawan diperintahkan untuk tidak bekerja selama 14 hari, dan juga disarankan untuk segera menjalani tes," sambungnya.
 
Sejauh ini, negara bagian Victoria mencatat adanya 110 kasus aktif covid-19, dengan 1.385 pasien telah dinyatakan sembuh.
 
Untuk level nasional, Universitas Johns Hopkins mencatat angka kasus covid-19 di Australia pada Rabu ini mencapai 6.980 dengan 98 kematian dan 6.271 pasien sembuh.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif