Ilustrasi oleh AFP.
Ilustrasi oleh AFP.

Hadiri Pernikahan, 111 Orang di India Terinfeksi Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 02 Juli 2020 13:05
New Delhi: Lebih dari 100 orang dinyatakan positif terinfeksi virus korona (covid-19) di India setelah menghadiri pernikahan. Diduga mereka tertular mempelai pria yang meninggal dua hari setelah dia menikah.
 
Pejabat di negara bagian Bihar mengatakan, pengantin pria yang berusia 26 tahun tersebut memiliki gejala virus mematikan ketika ia menikah pada 15 Juni. Dua hari setelah pernikahannya, dia meninggal dunia.
 
"Sejauh ini, sekitar 111 orang yang menghadiri pernikahan dan pemakaman itu dinyatakan positif (terinfeksi covid-19)," tutur Raj Kishor Chaudhary, kepala petugas medis di Patna dilansir dari Straits Times, Kamis 2 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tamu undangan lainnya yang telah diidentifikasi kini diisolasi," tambah mereka.
 
Meski demikian, dokter tidak yakin pengantin pria itu sumber infeksi. Pasalnya ia dikremasi sebelum tes dapat dilakukan. Namun, Chaudhary menuturkan sekitar 400 orang yang hadir dalam pernikahan dan pemakaman itu diisolasi untuk mencegah infeksi lebih luas.
 
Laman AFP menyebutkan, pengantin pria bekerja sebagai ahli perangkat lunak yang kembali ke rumahnya dari New Delhi, sepekan sebelum pernikahan. Dia dilaporkan telah menunjukkan gejala covid-19 sebelum pernikahan digelar.
 
Secara singkat dia dirawat di rumah sakit, namun keluarganya membiarkan pria itu pulang dan menjadi tuan rumah pernikahan dengan 300 tamu undangan.
 
Dia meninggal di rumahnya dua hari kemudian, dan hampir 200 orang menghadiri pemakaman. Beberapa dari pelayat hadir juga di pernikahannya.
 
"Tapi tidak satupun dari kerabat mempelai pria, termasuk pengantinnya, yang dites positif," tutur pejabat.
 
Pihak berwenang melakukan penyelidikan mengenai kemungkinan pelanggaran peraturan jarak sosial pada jumlah tamu di pernikahan dan pemakaman. Namun, pemerintah India telah melarang pernikahan dihadiri lebih dari 50 tamu undangan, dan pemakaman lebih dari 20 pelayat.
 
Negara Asia Selatan ini memiliki jumlah infeksi covid-19 sebanyak 604.641 kasus, dan merupakan negara keempat dengan infeksi covid-19 tertinggi di dunia. Angka kematian covid-19 di Negeri Bollywood mencapai 17.834 kasus, dan kesembuhan 359.860 kasus.
 

(FJR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif