NEWSTICKER
Presiden AS Donald Trump (kanan) dan pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump (kanan) dan pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: AFP)

Trump Apresiasi Upaya Kim Jong-un dalam Menangani Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Arpan Rahman • 22 Maret 2020 12:21
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengapresiasi upaya Kim Jong-un dalam menangani penyakit virus corona (covid-19) di Korea Utara. Trump juga menawarkan bantuan kepada Korut dalam upaya bersama menghadapi pandemi covid-19.
 
Dinukil dari Sky News, Minggu 22 Maret 2020, apresiasi dan penawaran bantuan disampaikan Trump kepada Kim via sebuah surat.
 
"Trump mengekspresikan niatannya untuk menjalin kerja sama dalam upaya penanganan epidemi, dan mengatakan bahwa dirinya terpukau oleh usaha yang telah dilakukan ketua dalam melindungi rakyatnya dari ancaman serius," tulis laporan di kantor berita nasional Korut, KCNA. Istilah "Ketua" merujuk pada Kim Jong-un.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Disebutkan lebih lanjut dalam laporan KCNA bahwa Trump dan Kim memang menjalin hubungan personal yang baik. Namun hubungan tersebut dianggap Korut tidak cukup jika tidak diimbangi dengan "imparsialitas dan keseimbangan" dari kubu AS.
 
Seorang pejabat senior AS mengonfirmasi Trump telah mengirim surat tersebut. Ia mengatakan pengiriman surat "konsisten dengan usaha Trump dalam mendekatkan diri dengan sejumlah petinggi global di tengah pandemi covid-19."
 
Pejabat tersebut menambahkan bahwa Trump ingin melanjutkan komunikasi dengan Kim terkait beragam isu, termasuk covid-19.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Minggu ini, jumlah kasus covid-19 di seantero AS telah melampaui 26 ribu dengan 340 kematian dan 176 pasien sembuh. Sementara Korut sejauh ini mengklaim masih terbebas dari covid-19.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif