Perdana Menteri India Narendra Modi. Foto: AFP.
Perdana Menteri India Narendra Modi. Foto: AFP.

PM Modi: Kedaulatan India Prioritas Utama Negara

Internasional india
Marcheilla Ariesta • 15 Agustus 2020 19:00
New Delhi: Perdana Menteri India Narendra Modi kembali memperingatkan Tiongkok atas ketegangan di perbatasan pada beberapa waktu lalu. Dalam pidatonya, Modi berjanji untuk membangun militer yang lebih kuat.
 
Di Hari Kemerdekaan India, Modi menegaskan kedaulaulatan adalah yang tertinggi. Hubungan dengan negara tetangga bergantung oada keamanan dan kepercayaan.
 
Hal tersebut diucapkan setelah pembicaraan tentang pelonggaran pembangunan militer di wilayah perbatasan Himalaya dengan Tiongkok menemui jalan buntu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perdana menteri nasionalis Hindu itu menyebutkan adanya konfrontasi di perbatasan yang disengketakan dalam pidatonya. Namun, ia tidak menyebut nama negaranya.
 
"Siapapun yang mengawasai kedaulatan negara, militer telah menjawabnya dalam bahasa mereka sendiri," kata Modi, dilansir dari AFP, Sabtu, 15 Agustus 2020.
 
"Integritas India adalah yang tertinggi bagi kami. Apa yang dapat kami lakukan, apa yang dapat dilakukan tentara kita, semua orang melihatnya di Ladakh," katanya merujuk pada bentrokan perbatasan dengan pasukan Tiongkok di wilayah Ladakh, Himalaya, pada 15 Juni lalu.
 
Sebanyak 20 tentara India tewas dalam bentrokan itu. Kedua belah pihak bertempur dengan tongkat, batu, dan tinju.
 
Tiongkok juga mengakui bahwa ada korban dari pihaknya. Namun, Negeri Tirai Bambu tidak menyebutkan angkanya.
 
Kedua belah pihak saling menyalahkan atas pertempuran itu. Puluhan ribu tentara dikirim ke wilayah tersebut untuk mengantisipasi bentrok lanjutan.
 
Modi bersikeras tidak ada tanah yang hilang dalam pertempuran tersebut. Namun, para ahli militer menggunakan gambar satelit untuk melawan pasukan Tiongkok yang menduduki wilayah perbatasan yang diklaim India selama beberapa dekade.
 
(WIL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif