Kapal selam Jepang ikut dalam latihan militer gabungan bersama Korea Selatan dan Amerika Serikat. Foto: AFP
Kapal selam Jepang ikut dalam latihan militer gabungan bersama Korea Selatan dan Amerika Serikat. Foto: AFP

Korsel, AS dan Jepang Latihan Anti-Kapal Selam Bersama, Untuk Apa?

Marcheilla Ariesta • 30 September 2022 17:05
Tokyo: Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat (AS), dan Jepang mengadakan latihan antikapal selam di perairan internasional di lepas Laut Jepang. Ini latihan pertama dalam lima tahun terakhir.
 
Latihan trilateral yang berlangsung selama sehari penuh itu dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran setelah peluncuran rudal balistik Korea Utara (Korut) ke Laut Jepang pada Minggu, Rabu, dan Kamis kemarin.
 
Dilansir dari Kyodo News, Jumat, 30 September 2022, latihan anti-kapal selam ini baru dilakukan lagi setelah 2017 lalu. Latihan dipimpin pasukan Amerika Serikat dan berfokus pada pendeteksian dan pelacakan kapal selam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Latihan tersebut bertujuan untuk memperkuat kemampuan pertahanan terhadap ancaman kapal selam Korea Utara, yang secara bertahap meningkat karena peningkatan rudal balistik jarak pendek.
 
Latihan tersebut melibatkan kapal induk AS Ronald Reagan, kapal perusak Korea Selatan, Munmu the Great, dan kapal perusak Angkatan Laut Bela Diri Jepang, Asahi.
 
"Kami akan menetralisir segala bentuk provokasi dari Korea Utara dengan cara yang luar biasa dan tegas," kata seorang kolonel dari angkatan laut Jepang.
 
Latihan itu dilakukan sehari setelah kunjungan satu hari Wakil Presiden AS Kamala Harris ke Korea Selatan. Dalam kunjungannya, Harris menyoroti pentingnya kerja sama trilateral untuk menanggapi potensi provokasi di masa depan dari Korea Utara.
 
Kekhawatiran berkembang bahwa Korea Utara dapat melakukan apa yang akan menjadi uji coba nuklir ketujuh dan pertama sejak September 2017.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif