Kondisi kota Karachi di Pakistan saat terjadinya pemadaman listrik pada Sabtu malam, 9 Januari 2021. (Asif HASSAN/AFP)
Kondisi kota Karachi di Pakistan saat terjadinya pemadaman listrik pada Sabtu malam, 9 Januari 2021. (Asif HASSAN/AFP)

Gelap Gulita! Pakistan Dilanda Pemadaman Listrik Berskala Nasional

Internasional pemadaman listrik pakistan listrik padam
Willy Haryono • 10 Januari 2021 10:37
Islamabad: Jaringan listrik nasional Pakistan mengalami gangguan pada Sabtu malam, yang membuat jutaan warga diselimuti kegelapan. Menteri Energi Pakistan Omar Ayub Khhan mengatakan, pemadaman berskala nasional ini diakibatkan "merosotnya frekuensi sistem transmisi kelistrikan secara mendadak."
 
Menurut Khan, pemadaman berskala nasional terjadi usai sistem distribusi kelistrikan tiba-tiba turun dari angka 50 ke 0.
 
Ia meminta semua warga Pakistan untuk tetap tenang. Namun sejumlah warga di Karachi mengaku khawatir atas pemadaman ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak orang yang ketakutan," kata Usama Khan, salah seorang warga Karachi. "Biasanya hanya satu atau dua kota yang kehilangan aliran listrik, tapi kami tidak tahu mengapa semua Pakistan juga mengalami mati lampu," sambungnya, dilansir dari laman Sky News pada Minggu, 10 Januari 2021.
 
Satu warga lainnya, Shakil Ahmad, awalnya mengaku mengira hanya rumahnya yang mengalami pemadaman. Tapi saat keluar rumah, area di sekitarnya benar-benar gelap gulita.
 
"Saya terkejut. Semuanya benar-benar gelap. Banyak toko tutup, berbagai aktivitas juga terhenti," tutur Ahmad.
 
Selain di Karachi, pemadaman dilaporkan terjadi di Rawalpindi, Islamabad, Multan, dan sejumlah kota lainnya.
 
Pemadaman listrik ini merupakan salah satu yang terburuk dalam sejarah Pakistan. Pada 2015, sekitar 80 persen wilayah di Pakistan sempat kehilangan aliran listrik usai salah satu jaringan transmisi kelistrikan mengalami kerusakan.
 
Baca:  Pemadaman Listrik, 80 Persen Pakistan Gelap Gulita
 
Hingga saat ini, otoritas Pakistan belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai mengapa sistem transmisi kelistrikan nasional bisa tiba-tiba rusak.
 
Namun selang beberapa jam usai pemadaman, menteri Khan mulai memperbarui informasi mengenai pemulihan aliran listrik di beberapa wilayah Pakistan.
 
Wakil Komisaris Polisi Islamabad Hamzzza Shafqaat mengonfirmasi bahwa pemadaman nasional ini terjadi akibat adanya kerusakan transmisi kelistrikan. Ia meminta warga untuk bersabar menanti pemulihan.
 
"Membutuhkan waktu untuk mengembalikan semuanya ke kondisi normal," sebut Shafqaat.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif