Tiga siswa sekolah di Australia diketahui terinfeksi Varian Omicron. Foto: AFP
Tiga siswa sekolah di Australia diketahui terinfeksi Varian Omicron. Foto: AFP

Australia Laporkan Kasus Varian Omicron Pertama yang Ditularkan Secara Lokal

Internasional Australia covid-19 Omicron Varian Omicron
Fajar Nugraha • 03 Desember 2021 17:27
Sydney: Australia pada Jumat melaporkan tiga siswa di sebuah sekolah di Sydney telah dites positif untuk varian covid-19 Omicron. Ini merupakan kasus penularan komunitas pertama di Negara Kanguru.
 
Pejabat kesehatan mengatakan ada 10 kasus tambahan yang diduga Omicron di sekolah yang segera dikonfirmasi, meningkatkan momok infeksi yang meluas.
 
Klaster ini muncul meskipun ada larangan bagi non-warga negara memasuki negara itu dan pembatasan penerbangan dari Afrika selatan, tempat varian itu pertama kali terdeteksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: WHO: Asia-Pasifik Perlu Tingkatkan Kapasitas Kesehatan dan Vaksinasi Lawan Omicron.
 
“Kasus pertama tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri atau hubungan dengan orang-orang dengan riwayat perjalanan ke luar negeri. Hal ini tentunya meningkatkan pengawasan,” sebut Dinas Kesehatan New South Wales, seperti dikutip AFP, Jumat 3 Desember 2021.
 
Australia sebelumnya telah mendeteksi beberapa kasus Omicron lainnya, tetapi semuanya ditemukan pada pelancong yang masuk yang dikarantina.
 
Seluruh staf dan siswa di Regents Park Christian School di barat Sydney telah diminta untuk dites dan diisolasi.
 
Australia saat ini mencatat sekitar 2.000 kasus covid-19 per hari. Untuk sebagian besar pandemi, penyebaran virus telah dibatasi oleh dua tahun penutupan perbatasan, penguncian, pengujian dan pelacakan agresif serta larangan perjalanan lokal.
 
Pihak berwenang telah menyatakan keyakinannya bahwa dengan 87 persen orang berusia di atas 16 tahun yang divaksinasi, negara ini berada di posisi yang tepat untuk menangani varian baru.
 
Tingkat rawat inap saat ini rendah, dan jumlah kematian akibat pandemi mencapai 2.021.
 
Tingkat keparahan varian Omicron belum diketahui dan juga tidak jelas apakah itu bisa membuat vaksin yang ada menjadi kurang efektif. Tapi ada kekhawatiran varian itu bisa lebih menular daripada strain Delta yang dominan.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif