Kebakaran di pemukiman kumuh Korea Selatan. Foto: AFP
Kebakaran di pemukiman kumuh Korea Selatan. Foto: AFP

Kebakaran Landa Kawasan Kumuh Korsel, 500 Orang Dievakuasi

Marcheilla Ariesta • 20 Januari 2023 16:57
Seoul: Kebakaran hebat melanda Korea Selatan (Korsel). Otoritas setempat harus mengevakuasi 500 orang akibat kebakaran di kawasan kumuh Gangnam.
 
Video yang diunggah secara daring menunjukkan api membakar Desa Guryong, sebuah kota kumuh di bawah bayang-bayang menara mewah bertingkat di wilayah Gangnam, Seoul.
 
Kobaran api, yang dimulai sekitar pukul 06:30, diyakini telah membakar sekitar 60 rumah, tetapi padam sekitar tengah hari, menurut pihak berwenang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dan penyebab kebakaran masih belum diketahui. "Kami berpikir untuk melakukan penyelidikan tambahan atas kasus ini," kata Choi Jae-young, seorang pejabat dari Kantor Pusat Kebakaran dan Bencana Metropolitan Seoul, dilansir dari AFP, Jumat, 20 Januari 2023.
 
Warga mengaku tidak kaget dengan kebakaran tersebut.
 
"Ada banyak masalah keamanan di masyarakat ketika terjadi kebakaran, dan sepertinya mereka tidak pernah diakui dengan benar oleh pihak berwenang,” kata Lee Woon-chul (65) yang telah tinggal di wilayah tersebut selama 30 tahun.
 
"Rumah-rumahnya sudah sangat tua, dan kabel listriknya berbahaya serta tidak dikelola dengan baik. Percikan api di dalam rumah sudah biasa terjadi," imbuhnya.
 
Kebakaran Landa Kawasan Kumuh Korsel, 500 Orang Dievakuasi
Kebakaran di lokasi pemukiman kumuh Gangnam, Korea Selatan. Foto: AFP
 

Sejak 2012, desa tersebut telah dilanda setidaknya delapan kebakaran, kata kantor distrik Gangnam Seoul. Pemukiman tersebut dibentuk sekitar tahun 1988 oleh penghuni liar yang diusir dari daerah lain di Seoul dalam upaya negara tersebut untuk mengembangkan ibu kotanya sebelum menjadi tuan rumah Olimpiade.
 
Ada sekitar 550 rumah tangga yang tersisa di Guryong pada tahun lalu, menurut data dari Seoul Housing and Communities Corporation yang dikelola negara, dengan banyak yang diyakini hidup dengan sedikit atau tanpa sanitasi yang layak.
 
Desa ini terletak sejauh mungkin dari dunia Gangnam yang mewah dan gemerlap - sebuah distrik kelas atas yang terkenal dengan butik dan apartemen mewahnya.
 
Korea Selatan sedang mencoba untuk mengatasi kesenjangan sosial. Sejak tahun lalu bergerak untuk melarang flat ruang bawah tanah yang sempit yang dipopulerkan oleh film pemenang Oscar 'Parasite', setelah empat orang tenggelam di rumah bawah tanah mereka selama banjir.
 
"Ada banyak kebakaran di masa lalu, tapi ini pertama kalinya rumah benar-benar terbakar," kata Lee.
 
"Saya tidak yakin apakah mereka yang kehilangan rumah akan diizinkan untuk membangun sekali lagi, karena bangunan itu awalnya adalah gubuk tanpa izin," pungkasnya.
 

 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif