Ribuan orang menggunakan masker saat menghadiri acara mobilisasi massa di Pyongyang, Korut pada Senin, 12 Oktober 2020. (AFP)
Ribuan orang menggunakan masker saat menghadiri acara mobilisasi massa di Pyongyang, Korut pada Senin, 12 Oktober 2020. (AFP)

Ribuan Warga Korut Gunakan Masker dalam Mobilisasi Massa

Internasional kim jong-un korea utara
Willy Haryono • 13 Oktober 2020 14:37
Pyongyang: Ribuan warga Korea Utara memadati lapangan Kim Il-sung di Pyongyang dalam memperlihatkan dukungan mereka terhadap pemerintahan Kim Jong-un pada Senin, 12 Oktober. Mereka semua memakai masker, tidak seperti dalam acara parade militer pada akhir pekan lalu.
 
Mobilisasi massa di Pyongyang merupakan bagian dari awal acara bertajuk "Kampanye 80 hari." Acara ini bertujuan untuk mendorong perekonomian Korut menjelang kongres Partai Pekerja pada Januari tahun depan.
 
Acara tersebut, atau biasa disebut juga dengan "pertempuran," meliputi beragam program yang biasa berlangsung di Korut menjelang peristiwa besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari The Straits Times pada Selasa, 13 Oktober 2020, personel militer, kelompok pekerja, dan pelajar sama-sama mengenakan masker saat berada di lapangan Kim Il-sung. Mereka membawa slogan bertuliskan, "mari kita mengikuti langkah pemimpin tercinta kita, Kamerad Kim Jong-un."
 
Saat parade militer pada akhir pekan kemarin, Kim Jong-un dan semua peserta tidak memakai masker. Parade militer digelar dalam memperingati 75 tahun berdirinya Partai Pekerja Korut.
 
Pyongyang menutup perbatasannya pada Januari lalu dalam upaya mencegah masuknya virus korona (covid-19) yang pertama kali muncul di negara tetangganya, Tiongkok. Dalam pidato saat parade militer, Kim Jong-un berkukuh tidak ada satu pun kasus covid-19 di Korut.
 
Terdapat momen tak biasa saat berpidato, yakni saat Kim terlihat menangis karena merasa gagal dalam membawa Korut melewati masa-masa sulit.
 
Satu hari setelahnya, Kim beserta jajaran pejabat lainnya juga tidak memakai masker saat menghadiri acara "Mass Games" pada Minggu. Sementara semua penonton di acara tersebut terlihat menggunakan masker atau penutup wajah.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif