Menlu Tiongkok Wang Yi. (Foto: AFP)
Menlu Tiongkok Wang Yi. (Foto: AFP)

Tiongkok Tegaskan Bantu Negara Lain Tanpa Syarat Politik

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 13 Mei 2020 11:39
Beijing: Pemerintah Tiongkok menegaskan selalu membantu dan mendukung negara-negara lain, termasuk Spanyol, dalam memerangi pandemi virurs korona (covid-19) tanpa melibatkan muatan politik apapun. Menteri Luar Negeri Wang Yi menyebut, Tiongkok membantu negara lain atas dasar semangat kemanusiaan.
 
Pernyataan disampaikan Wang dalam diskusi via telepon dengan Menlu Spanyol Aranca Gonzalez Laya. Dalam percakapannya, Wang mengatakan kepada Gonzalez bahwa sejumlah politisi dari negara tertentu telah mempolitisasi pandemi covid-19 untuk menyerang Tiongkok.
 
Menurut Wang, serangan semacam itu hanya merupakan upaya untuk mengalihkan tanggung jawab atas buruknya penanganan covid-19 di negara tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari CGTN, Rabu 13 Mei 2020, Wang menekankan bahwa aksi semacam itu tidak akan membantu upaya pencegahan dan pengendalian covid-19.
 
Wang meyakini bahwa Spanyol mampu tetap bersikap objektif dan adil dalam mendorong kerja sama anti-epidemi. Tiongkok ingin Spanyol tetap fokus dalam upaya bersama memerangi covid-19, termasuk komitmen mendukung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
 
"Tiongkok secara aktif terus menyalurkan pasokan anti-epidemi ke Spanyol dan berbagi skema diagnosis serta pengobatan covid-19," kata Wang kepada Gonzales. Ia mengaku senang melihat terjadinya tren penurunan kasus dan kematian akibat covid-19 di Spanyol.
 
Dalam rangka memperingati 45 tahun hubungan Tiongkok dan Uni Eropa, Wang menyuarakan harapannya kepada Spanyol untuk terus mendorong peningkatan kepercayaan antara Beijing dan Eropa di tengah perang melawan covid-19.
 
Gonzalez menyebutkan bahwa raja dan perdana menteri Spanyol serta dirinya telah berulang kali mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Tiongkok atas dukungan berkelanjutan di masa pandemi saat ini.
 
"Spanyol telah membeli banyak pasokan anti-epidemi dari Tiongkok. Kami siap memperkuat kerja sama dalam perang bersama melawan covid-19," tutur Gonzalez.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif