WNI di Filipina kembali ke Indonesia lewat jalur repatriasi mandiri. (Foto: Dok. KBRI Manila).
WNI di Filipina kembali ke Indonesia lewat jalur repatriasi mandiri. (Foto: Dok. KBRI Manila).

95 WNI dari Filipina Kembali ke Indonesia

Internasional perlindungan wni
Marcheilla Ariesta • 14 Mei 2020 19:40
Manila: Sebanyak 95 warga negara Indonesia dari Filipina telah melakukan repatriasi mandiri pada hari ini, Kamis 14 Mei 2020 pada pukul 14.25 waktu setempat. KBRI Manila memfasilitasi proses repatriasi tersebut.
 
"Repatriasi WNI ini dilakukan secara mandiri oleh WNI terdampak kebijakan karantina wilayah, yang ingin kembali ke Indonesia, namun terkendala ketidaktersediaan penerbangan reguler dari Manila ke Jakarta," kata KBRI Manila dalam keterangan tertulis, yang diterima Medcom.id, Kamis, 14 Mei 2020.
 
Selain membantu dan memfasilitasi proses repatriasi tersebut, KBRI Manila juga melakukan koordinasi dengan otoritas terkait di Filipina dan Indonesia. Langkah ini dilakukan untuk memastikan kelancaran repatriasi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di antara 95 WNI yang direpatriasi, 32 diantaranya merupakan WNI anggota jemaah tabligh. Kepulangan mereka dilepas Dubes RI untuk Manila Sinyo Sarundajang di bandara.
 
"Selain itu terdapat 21 siswa sekolah pilot di Marinduque, yang sehari sebelumnya diupayakan ketibaannya dari Pulau Marinduque," imbuh KBRI Manila.
 
Sisanya adalah WNI yang menetap di Filipina. Alasan mendesak mengharuskan mereka kembali ke Indonesia.
 
"Seluruh penumpang dalam keadaan sehat, yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan setempat," tutur KBRI Manila.
 
Sebelumnya, pesawat yang sama membawa 22 warga negara Filipina dalam penerbangan dari Jakarta ke Manila. Ini merupakan bentuk kerja sama KBRI Manila dan Kedutaan Besar Filipina di Jakarta untuk melindungi warga negara masing-masing.
 
"Fasilitas KBRI Manila terhadap repatriasi mandiri ini merupakan wujud upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan maksimal terhadap WNI di luar negeri," pungkas mereka.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif