Perawat menggunakan APD pantau pasien terinfeksi covid-19. (Foto: AFP).
Perawat menggunakan APD pantau pasien terinfeksi covid-19. (Foto: AFP).

Bantuan Covid-19 Uni Eropa ke Indonesia Hingga Rp317 Miliar

Internasional Virus Korona
Marcheilla Ariesta • 15 Mei 2020 17:33
Jakarta: Indonesia mendapat 104 dukungan internasional untuk menghalau virus korona (covid-19). Angka ini diperoleh dari 10 dukungan pemerintah, 84 dukungan non-pemerintah, dan 10 dukungan organisasi internasional.
 
Direktur Sosial-Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang Kementerian Luar Negeri RI Kamapradipta Isnomo mengatakan dari 104 dukungan, ada tiga yang terbesar.
 
"Pertama adalah Uni Eropa yang memberi bantuan sebanyak USD21,3 juta (sekitar Rp317 miliar) dalam bentuk obat-obatan dan alat pelindung diri (APD)," kata Kama dalam webinar series Diplomasi Kesehatan Global di Masa Pandemi, Jumat 15 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di posisi kedua ada Jepang dengan total bantuan mencapai USD10,5 juta atau sekitar Rp156,2 miliar. Sementara pemberi dukungan terbesar ke-3 adalah Asian Development Bank dengan total bantuan sebesar USD4,5 juta atau sekitar Rp67 miliar.
 
Dalam webinar ini, Kama mengungkapkan 10 negara yang membantu Indonesia, yakni Tiongkok, Jepang, Amerika Serikat, Singapura, Vietnam, Korea Selatan, Australia, Selandia baru, Uni Emirat Arab, dan Swiss.
 
"Melalui Satgas Covid-19 Nasional kita sudah tetapkan tujuh alat kesehatan yang sampai saat ini kita terus sampaikan ke negara sahabat, dengan harapan bisa terima dalam bentuk bantuan atau join production atau joint research untuk produksi alat kesehatan, obat, atau vaksin," imbuhnya.
 
Kama mengungkapkan, tak hanya menerima bantuan, Indonesia juga memberikan bantuan. Sasaran Indonesia dalah negara-negara di Pasifik dan Afrika yang sangat rentan.
 
"Nilai leluhur Indonesia yang selalu ditekankan Bu Menlu adalah, saling membantu saat sedang kesusahan," pungkasnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif