NEWSTICKER
Ilustrasi virus korona covid-19. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi virus korona covid-19. (Foto: Medcom.id)

Kawasan Pasifik Konfirmasi Kematian Perdana akibat Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 22 Maret 2020 17:13
Hagatna: Guam mengonfirmasi kematian seorang wanita berusia 68 tahun yang telah dinyatakan positif terjangkit penyakit virus corona (covid-19). Kematian akibat covid-19 tersebut merupakan yang pertama di kawasan Pasifik.
 
Menurut Dr Mike Cruz, tokoh yang memimpin upaya Guam dalam menghadapi covid-19, pasien tersebut telah mengidap "sejumlah penyakit" lain sebelum terjangkit covid-19. Wanita yang tak disebutkan namanya itu merupakan kerabat dari seorang individu positif covid-19 di Guam.
 
"Lima dari 14 kasus terkonfirmasi (covid-19) memiliki riwayat perjalanan, sebagian besar dari mereka pernah ke Filipina," ujar Cruz, seperti dikutip dari Guardian, Minggu 22 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terdapat bukti kuat bahwa kasus covid-19 menyebar luas di tengah masyarakat, dan juga telah berimbas pada wilayah permukiman di utara, pusat, dan selatan Guam," lanjutnya.
 
Saat ini terdapat 15 kasus terkonfirmasi covid-19 di seantero Guam, sebuah pulau kecil milik Pemerintah Amerika Serikat. Guam telah mendeklarasikan covid-19 sebagai bencana besar.
 
Kasus covid-19 di Guam jauh lebih banyak dari negara-negara lainnya di Pasifik.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Minggu ini, total jumlah kasus covid-19 telah melampaui 307 ribu di 171 negara. Sementara angka kematian global akibat virus tersebut melewati 13 ribu, dengan pasien sembuh mencapai 92.383.
 
Kawasan Pasifik tidak terlalu terkena dampak parah dari covid-19. Beberapa pekan lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut Eropa sebagai pusat pandemi dari covid-19, virus yang pertama kali muncul di Tiongkok pada akhir 2019.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif