Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern kembali hadapi lonjakan kasus covid-19. Foto: AFP
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern kembali hadapi lonjakan kasus covid-19. Foto: AFP

Selandia Baru Gerak Cepat Lacak Pusat Wabah Baru Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Fajar Nugraha • 13 Agustus 2020 16:42
Wellington: Selandia Baru bergegas melacak sumber kembalinya virus korona secara tiba-tiba pada Kamis. Saat ini jumlah kasus baru di Auckland naik menjadi 17 dan para pejabat memperingatkan peningkatan penularan yang tidak dapat dihindari.
 
Baca: Covid-19 Muncul Lagi, Selandia Baru Tunda Bubarkan Parlemen.
 
Kepala Kesehatan Nasional Ashley Bloomfield mengatakan ada 13 infeksi baru yang dikonfirmasi di kota terbesar Selandia Baru itu. Semuanya terkait dengan empat anggota keluarga yang ditemukan pada Selasa, mengakhiri rekor negara itu dalam 102 hari tanpa penularan komunitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lonjakan kasus baru meningkatkan kemungkinan bahwa penguncian selama tiga hari yang diberlakukan di Auckland sejak Rabu akan diperpanjang karena tim petugas kesehatan mencari asal klaster dan meningkatkan pengujian di kota.
 
Bloomfield mengatakan, di antara kasus baru adalah seorang siswa di salah satu sekolah menengah terbesar di Selandia Baru. Sekitar 3.000 anak belajar di sekolah itu.
 
Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan kemungkinan ada lebih banyak kasus terkait dengan lonjakan baru-baru ini.
 
"Seperti wabah pertama kami, keadaan akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik," katanya dalam pidato yang disiarkan televisi, seperti dikutip AFP, Kamis 13 Agustus 2020.
 
Ardern didorong oleh fakta bahwa semua kasus sejauh ini berada dalam satu klaster terbatas di Auckland.
 
"Anda bisa melihat keseriusan situasinya. Meskipun serius, ini ditangani dengan cara yang mendesak tetapi tenang dan metodis,” ucapnya.
 
Lebih lanjut Bloomfield mengatakan pihak berwenang segera mengeksplorasi semua kemungkinan rute penularan.
 
“Kami ingin mengetahui seberapa besar itu secepat mungkin, jadi kami sudah menguji semua kontak dekat, kontak biasa, tempat kerja, terkait keluarga. Inilah yang ingin kami lakukan secepat mungkin untuk mengetahui seberapa luas wabah itu dan siapa kasus pertama yang mungkin terjadi,” ujar Bloomfield kepada TVNZ.

Berasal dari kargo


Penguncian Auckland dijadwalkan berakhir Jumat malam dan Bloomfield mengatakan setiap keputusan untuk memperpanjangnya tergantung pada apa yang ditemukan dalam penyelidikan selama 24 jam ke depan.
 
"Masih terlalu dini untuk mengatakan, kita akan mendapat lebih banyak informasi besok," ucapnya.
 
Namun Bloomfield membantah apakah virus itu diimpor melalui pengiriman kargo, kemudian diambil oleh seorang anggota keluarga laki-laki, yang bekerja di ruang pendingin untuk barang-barang impor.
 
"Itu sebuah kemungkinan, tetapi itu adalah sesuatu yang perlu kami singkirkan," tegas Bloomfield, menambahkan bahwa fokus lain adalah apakah infeksi itu berasal dari fasilitas isolasi yang dikelola.
 
Fasilitas ini, terutama hotel dan motel yang telah ditutup dari masyarakat umum. Tempat itu menampung ribuan pendatang baru dari luar negeri, dengan kasus positif ditempatkan di karantina yang lebih ketat.
 
Bloomfield mengatakan bahwa kasus covid-19 yang ditemukan di masyarakat, bersama dengan beberapa anggota keluarga yang berisiko, sekarang juga dipindahkan ke karantina untuk pertama kalinya. Mereka tidak diizinkan untuk mengisolasi diri di rumah.
 
"Ini akan membantu kami mencegah penyebaran yang tidak disengaja lebih lanjut di masyarakat," katanya.
 
Terlepas dari keberhasilan Selandia Baru sebelumnya dalam menahan virus -,dengan hanya 22 kematian dari populasi lima juta,- Bloomfield mengatakan otoritas kesehatan selalu mengantisipasi kembalinya virus tersebut, bahkan jika hal itu mengejutkan beberapa orang.
 
"Ya, kami menjadi berpuas diri dan itulah mengapa pesan kami selama beberapa minggu terakhir adalah menghindari itu,” pungkas Bloomfield.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif