Pasukan Afghanistan berpatroli terhadap ancaman serangan Taliban dan ISIS. (AFP)
Pasukan Afghanistan berpatroli terhadap ancaman serangan Taliban dan ISIS. (AFP)

Afghanistan Bunuh Petinggi al-Qaeda yang Diburu AS

Internasional amerika serikat taliban afghanistan
Willy Haryono • 25 Oktober 2020 17:03
Ghazni: Pasukan Afghanistan mengaku telah membunuh seorang petinggi kelompok al-Qaeda yang selama ini diburu Amerika Serikat. Abu Muhsin al-Musri, seorang warga Mesir yang diyakini sebagai orang nomor dua di al-Qaeda cabang lokal, dibunuh dalam operasi pemerintah di provinsi Ghazni.
 
Direktorat Nasional Keamanan Afghanistan tidak menyebutkan detail operasi terhadap al-Masri, termasuk kapan dan di mana lokasi spesifiknya.
 
Seorang sumber di agensi intelijen Afghanistan mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa ajudan al-Masri yang "melakukan kontak dengan Taliban" telah ditangkap dalam operasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Al-Masri, dikenal juga dengan nama Husam Abd-al-Ra'uf, adalah salah satu tokoh yang masuk Daftar Teroris Paling Diburu oleh Biro Investigasi Federal (FBI).
 
Menurut FBI, surat penangkapan AS terhadap al-Masri telah dikeluarkan pada Desember 2018, usai dirinya dituntut atas dukungan terhadap organisasi teroris asing dan rencana membunuh warga AS.
 
Kematian al-Masri terjadi saat dialog damai antara Pemerintah Afghanistan dan Taliban berlangsung di Doha, Qatar. Dialog digelar untuk mengakhiri perang berkepanjangan di Afghanistan.
 
Negosiasi intra-Afghanistan itu merupakan kelanjutan dari perjanjian antara AS dan Taliban pada Februari lalu. Dalam perjanjian dengan AS, Taliban berjanji tidak akan membiarkan tanah Afghanistan digunakan ekstremis asing.
 
Otoritas Taliban yang dinilai melindungi al-Qaeda merupakan pemicu awal terjadinya invasi AS di Afghanistan usai serangan 9/11.
 
Upaya mendatangkan perdamaian di Afghanistan rumit dan kompleks, yang juga diperburuk gelombang serangan oleh kelompok militan Islamic State (ISIS).
 
Baca:Petinggi Al Qaeda di India Tewas dalam Operasi Militer

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif