WHO temukan ada vaksin palsu di India. Foto: AFP.
WHO temukan ada vaksin palsu di India. Foto: AFP.

Vaksin Covid-19 Palsu Ditemukan di India dan Afrika

Internasional India Virus Korona vaksin covid-19
Marcheilla Ariesta • 19 Agustus 2021 20:54
Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengidentifikasi vaksin covid-19 palsu yang digunakan di India. Vaksin palsu ini meniru Covishield, vaksin utama yang digunakan di Negeri Bollywood tersebut.
 
Vaksin palsu itu disita pihak berwenang di India dan Afrika antara Juli hingga Agustus. WHO menambahkan, pembuat vaksin Covishield, yakni Serum Institute of India, juga sudah mengonfirmasi bahwa dosis itu palsu. 
 
"Vaksin palsu menimbulkan risiko serius bagi kesehatan masyarakat dunia," kata WHO, dilansir dari BBC, Kamis, 19 Agustus 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Badan PBB ini menyerukan pemusnahan vaksin covid-19 dari peredaran.
 
Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari pemerintah India. Namun, laporan media lokal menyatakan, kementerian kesehatan negara itu tengah menyelidiki masalah tersebut.
 
"Meskipun kami memiliki sistem yang kuat untuk mencegah kasus seperti itu, dengan adanya insiden ini, satu-satunya hal yang kami ingin pastikan adalah tidak ada orang India yang menerima vaksin palsu," kata seorang pejabat kesehatan India.
 
Covishield merupakan vaksin AstraZeneca versi India yang paling banyak digunakan di negara itu dengan lebih dari 486 juta dosis yang diberikan hingga saat ini.
 
Serum memiliki persediaan jutaan vaksin Covishield ke negara-negara di Asia, Afrika dan Amerika Selatan. Persediaan itu sebagai bagian dari kesepakatan yang ditandatangani dengan berbagai pemerintah dan skema COVAX global untuk negara-negara miskin.
 
Baca juga: India Alami Lonjakan Covid-19, 36.401 Kasus Dalam Sehari
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif