Murid laki-laki belajar di sebuah sekolah di Kabul, Afghanistan, 18 September 2021. (BULENT KILIC / AFP)
Murid laki-laki belajar di sebuah sekolah di Kabul, Afghanistan, 18 September 2021. (BULENT KILIC / AFP)

Sekolah Menengah Afghanistan Kembali Dibuka, Siswi Belum Boleh Masuk

Internasional konflik afghanistan Taliban afghanistan taliban afghanistan Pemerintahan Baru Taliban Perempuan Afghanistan
Willy Haryono • 19 September 2021 08:31
Kabul: Sekolah menengah di Afghanistan sudah mulai dibuka, namun hanya murid laki-laki yang diperbolehkan masuk ke kelas. Kelompok Taliban sebelumnya berjanji akan mengizinkan perempuan bersekolah, namun saat ini masih merumuskan skema terbaik.
 
Saat Taliban berkuasa di Afghanistan pada periode 1996-2001, semua perempuan dilarang keluar rumah untuk bekerja dan bersekolah. Selang 20 tahun, Taliban berjanji akan berubah dan melindungi hak-hak perempuan.
 
Namun sejauh ini, banyak pihak skeptis atas tindakan Taliban yang terlihat bertentangan dengan janji mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semuanya terlihat sangat gelap," ucap sekelompok siswi Afghanistan kepada kantor berita BBC, Sabtu, 18 September 2021. Mereka mengonfirmasi bahwa belum diperbolehkan untuk kembali bersekolah.
 
Setelah merebut Kabul pada 15 Agustus lalu, Taliban mengatakan bahwa perempuan akan diperbolehkan bekerja dan belajar sesuai kerangka aturan Islam. Namun untuk sementara, kata Taliban, perempuan harus berada di dalam rumah hingga situasi keamanan di Afghanistan membaik.
 
Sekelompok perempuan menentang sikap ini, dan mereka pun turun ke jalan untuk berunjuk rasa. Taliban merespons demonstrasi ini dengan tindakan represif, bahkan terdapat beberapa laporan mengenai pemukulan terhadap pedemo perempuan.
 
Jumat kemarin, Taliban dikabarkan telah mengganti Kementerian Perempuan dengan kementerian Kebajikan dan Pencegaan Kemaksiatan.
 
Di era 1990-an, Kementerian Kebajikan pernah berdiri di Afghanistan, yang tugas utamanya adalah memastikan seluruh masyarakat mematuhi syariat Islam secara ketat.
 
Baca:  Taliban Ganti Kementerian Perempuan dengan Departemen Kebajikan
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif