Puing-puing rumah warga yang hancur akibat di Provinsi Sichuan. Foto: AFP
Puing-puing rumah warga yang hancur akibat di Provinsi Sichuan. Foto: AFP

Gempa Bumi Magnitudo 6 Guncang Sichuan, 3 Orang Tewas

Internasional Gempa Bumi Tiongkok gempa tiongkok
Marcheilla Ariesta • 16 September 2021 14:52
Sichuan: Sebanyak tiga orang tewas usai gempa melanda Provinsi Sichuan, Tiongkok pada Kamis, 16 September 2021. Gempa magnitudo 6 itu melukai puluhan orang, membuat tim penyelamat bergegas melakukan tanggap darurat tingkat kedua tertinggi.
 
Gempa itu melanda daerah Luxian tepat setelah pukul 04:30 waktu setempat. Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan kekuatan awal gempa di 5,4 magnitudo, namun Pusat Jaringan Gempa Tiongkok mengukurnya di 6 magnitudo.
 
Keduanya mengatakan gempa itu pada kedalaman dangkal 10 kilometer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Media pemerintah Tiongkok. Global Times, mengatakan tiga orang dipastikan tewas. Sementara itu, korban luka mencapai 60 orang dengan tiga diantaranya terluka serius.
 
"Puluhan rumah di Luxian runtuh dan banyak lainnya rusak, sementara komunikasi dengan puluhan ribu orang terganggu," kata pihak berwenang, dikutip dari Al Jazeera.
 
Rekaman langsung dari Luxian menunjukkan para pekerja memanjat tangga di tengah hujan lebat untuk menghilangkan puing-puing berbahaya yang menggantung di gedung-gedung, termasuk panel kaca yang setengah pecah.
 
Video lain dari Harian Sichuan menunjukkan para siswa mengevakuasi asrama mereka dalam gelap, memegang payung dan mengenakan ransel.
 
Namun, pihak berwenang meremehkan ancaman langsung dari gempa susulan yang lebih besar. "Tidak mungkin akan ada gempa bumi yang lebih besar di daerah itu dalam waktu dekat, tetapi gempa susulan akan terus berlanjut untuk beberapa waktu," kata Du Bin, wakil kepala Administrasi Gempa Sichuan.
 
Sementara itu, USGS mengatakan kerusakan signifikan mungkin terjadi karena dangkalnya kedalaman gempa. Mereka menambahkan, bencana ini berpotensi meluas.
 
Beberapa saluran listrik telah terganggu dan 62.000 rumah tangga terkena pemadaman listrik setelah gempa. Lalu lintas di jalan raya yang melewati daerah itu telah dialihkan untuk memberi jalan bagi kendaraan darurat dan untuk menghindari jalan yang rusak.
 
Gempa bumi berkekuatan 7,9 magnitudo pernah melanda Sichuan pada 2008 lalu. Guncangan ini menyebabkan 87 orang tewas dan hilang.
 
Di antara korban ada ribuan anak-anak yang tewas karena bangunan sekolah runtuh saat kegiatan belajar berlangsung.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif