Pemimpin Korut Kim Jong-un. (AFP/KCNA)
Pemimpin Korut Kim Jong-un. (AFP/KCNA)

Kali Pertama, Wajah Kim Jong-un Terpampang di Kaus Warga Korut

Internasional Kim Jong-un korea utara Kim Yo-jong Tentara Korut
Medcom • 13 Oktober 2021 20:31
Pyongyang: Rekaman video dari pameran pertahanan Korea Utara memperlihatkan seorang konduktor orkestra mengenakan kaus putih bergambar wajah pemimpin Korut, Kim Jong-un. Kala itu, sang konduktor sedang melakukan tugasnya di upacara pembukaan pameran pertahanan.
 
Momen tak biasa itu ditayangkan oleh Televisi Pemerintahan Pusat Korut pada Selasa, 12 Oktober 2021.
 
Dilansir dari KBS World, Rabu, 13 Oktober 2021, fenomena tersebut merupakan kali pertama terjadi di dalam rezim kekuasaan Kim, yang dihormati sebagai pemimpin tertinggi dan suci di Korut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menghadirkan wajah Kim Jong-un di pakaian dapat dianggap sebagai upaya merusak citra dan otoritasnya, sehingga sampai saat ini belum pernah muncul satu pun di Korut.
 
Namun di luar Korut, kaus bergambar Kim Jong-un bermunculan di sejumlah negara.
 
Media pemerintah disebut pernah memuat cerita tentang seorang gadis berusia sembilan tahun yang meninggal saat mencoba menyelamatkan foto mantan pemimpin Korut, Kim Jong-il, dari rumahnya yang terbakar. Hal tersebut menunjukkan betapa dipujanya sosok seorang pemimpin di Korut.
 
Sejumlah pengamat mengatakan, kemunculan kaus bergambar Kim Jong-un kemungkinan terinspirasi cara Barat atau merupakan upaya untuk memperlihatkan citra pemimpin yang lebih ramah.
 
Masih dalam pemeran pertahanan, sekelompok tentara Korut unjuk gigi dan memperlihatkan keahlian fisik mereka di hadapan Kim Jong-un.
 
Ada tentara Korut yang berbaring di ranjang paku, memecahkan botol kaca dengan tangan kosong, dan menghancurkan beton dengan kepala. Kim Jong-un terlihat bertepuk tangan dan tersenyum saat menonton atraksi tersebut, dengan didampingi jajaran petinggi dan adik perempuan sekaligus penasihatnya, Kim Yo-jong.
 
Baca:  Unjuk Gigi! Tentara Korut Pukul Botol dan Beton di Hadapan Kim Jong-un
 
(Nadia Ayu Soraya)

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif