Tiongkok masih lakukan pengawasan ketat terkait keluar masuknya orang di tengah covid-19. Foto: AFP
Tiongkok masih lakukan pengawasan ketat terkait keluar masuknya orang di tengah covid-19. Foto: AFP

Tiongkok Lockdown Kota Berbatasan dengan Korut Terkait Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 11 Mei 2020 16:04
Beijing: Tiongkok memutuskan untuk menutup atau lockdown yang berbatasan dengan Korea Utara (Korut). Hal ini membuahkan pertanyaan apakah wabah virus korona (covid-19) sudah merebak di Korut.
 
Pihak berwenang Tiongkok melarang semua transportasi yang tidak penting di Kota Shulan yang terletak di Provinsi Jilin. Laporan media nasional CCTV 10 Mei, kompleks perumahan dan desa-desa ditutup.
 
Siswa yang sudah kembali ke sekolah diharuskan belajar dari rumah. Kota itu menaikkan tingkat kewaspadaan terhadap ancaman virus risiko tinggi sedang hingga risiko tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Korea Utara menutup perbatasannya pada Januari ketika sejumlah kasus melonjak di Tiongkok, dan belum mengonfirmasi adanya infeksi covid-19. Namun militer AS mengatakan, mereka mencurigai Korut memiliki kasus covid-19 dan pemerintahan Kim Jong-un telah menerima bantuan dari negara lain untuk memerangi virus tersebut.
 
Menurut Kantor Berita Xinhua, Presiden Xi Jinping akhir pekan lalu menyatakan kesediaannya untuk memberikan dukungan kepada Korea Utara dalam memerangi pandemi. Ini merupakan sebagai balasan atas pesan lisan dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang memuji kesigapan Jinping dalam menangani covid-19.
 
“Tiongkok telah mengirim sejumlah test kit covid-19 yang tidak ditentukan kepada negara tetangga. Rusia juga menawarkan bantuan, di samping organisasi bantuan yang telah membawa pasokan medis,” sebut laporan NK News, Senin, 11 Mei 2020.
 
Pekan lalu Kim mengirim pesan formal pertamanya ke Tiongkok sejak muncul kembali dari ketidakhadiran hampir tiga minggu di depan umum yang menimbulkan pertanyaan tentang kesehatannya. Beberapa laporan mengatakan bahwa dia menjaga jarak sosial untuk menghindari wabah covid-19. Dalam kunjungannya ke pabrik pupuk pada 1 Mei, beberapa pengawalnya terlihat mengenakan topeng pelindung.
 
Kim kemudian memuji Xi Jinping atas ‘keberhasilannya’ dalam mengelola virus korona. “Presiden Xi mengambil peluang kemenangan dalam perang melawan epidemi yang belum pernah terjadi sebelumnya,” sebut Kim Jong-un. Media pemerintah Korea Utara melaporkan pada Minggu bahwa Kim menerima pesan dari Xi, berjanji kerja sama dalam ‘memerangi pandemi.’
 
Media pemerintah Korea Utara (KCNA) akhir pekan lalu turut mengatakan Kim mengirim pesan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dalam memperingati berakhirnya Perang Dunia II di Eropa, dan dia berharap pemimpin Rusia itu menang dalam perjuangannya melawan virus.
 
Sedikit yang diketahui tentang upaya Korea Utara untuk memerangi covid-19, beberapa tanda telah muncul selama berbulan-bulan. Korea Utara telah melaporkan bahwa lebih dari 5.400 orang dibebaskan dari karantina pada Maret.
 
“Pada akhir April, konsumen di Pyongyang panik membeli bahan makanan pokok, menyebabkan beberapa rak toko kosong. Pembelian mungkin karena langkah-langkah virus korona yang lebih ketat,” sebut NK News.
 
Dipenuhi dengan istem medis yang hancur, sanksi perdagangan dan dekade salah urus ekonomi telah menyebabkan lebih dari 40 persen penduduk Korea Utara kekurangan gizi kronis dan rentan terhadap penyakit. Hal itu berisiko setiap wabah virus korona yang lebih luas berubah menjadi bencana kemanusiaan yang dapat menyebabkan kematian massal. Pada 1990-an, kelaparan menewaskan sekitar 240.000 hingga 3,5 juta orang.
 
Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Senin 11 Mei 2020, jumlah kasus positif covid-19 di dunia mencapai 4.116.767 jiwa. Korban meninggal akibat wabah itu mencapai 282.872 orang dan yang sembuh menyentuh angka 1.418.017 jiwa.
 

Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif