Presiden AS Joe Biden saat berada di Seoul, Korsel, 22 Mei 2022. (Saul LOEB / AFP)
Presiden AS Joe Biden saat berada di Seoul, Korsel, 22 Mei 2022. (Saul LOEB / AFP)

Biden Sebut Semua Orang Patut Waspadai Penyebaran Cacar Monyet

Willy Haryono • 23 Mei 2022 06:57
Seoul: Cacar monyet mendapat perhatian Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, yang mengatakan bahwa semua orang patut mewaspadai penyakit tersebut. Ia khawatir akan adanya dampak buruk jika penyakit tersebut terus menyebar lebih lanjut.
 
Sejumlah kasus cacar monyet telah terdeteksi di Amerika Utara dan Eropa sejak awal Mei, memicu kekhawatiran akan terjadinya semacam wabah. Kekhawatiran ini didasarkan pada kenyataan bahwa cacar monyet sebenarnya adalah penyakit endemi di Afrika, bukan Amerika atau Eropa.
 
Dalam kunjungannya di Seoul, Biden mengatakan bahwa otoritas kesehatan belum memberikan informasi penuh kepada dirinya mengenai "level paparan" cacar monyet di AS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi ini merupakan sesuatu yang patut diwaspadai semua orang," kata Biden kepada awak media sebelum naik pesawat Air Force One untuk bertolak menuju Tokyo, Jepang.
 
"Kami sedang berusaha keras menangani hal ini, dan sedang mencari tahu apa vaksinnya jika memang tersedia," sambung dia, dikutip dari France 24, Senin, 23 Mei 2022.
 
Kasus cacar monyet pertama di AS dalam kekhawatiran global terbaru tercatat muncul pada 18 Mei di Massachusetts. Hari Minggu kemarin, satu kasus lainnya muncul di Florida.
 
Otoritas kesehatan AS sedang menginvestigasi individu terduga cacar monyet di Florida, termasuk apakah ia baru-baru ini melakukan perjalanan ke luar negeri.
 
Terdapat ribuan infeksi cacar monyet di beberapa bagian Afrika tengah dan Barat dalam beberapa tahun terakhir. Namun kemunculan penyakit tersebut di Eropa dan Amerika Utara merupakan sesuatu yang langka.
 
Baca:  Cacar Monyet Dapat Dicegah
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif