Protes menentang lockdown di Melbourne, Australia 24 Juli 2021. Foto: AFP
Protes menentang lockdown di Melbourne, Australia 24 Juli 2021. Foto: AFP

Akibat Demonstrasi Sembrono, Australia Kemungkinan Perpanjang Lockdown

Internasional Virus Korona Australia covid-19 pandemi covid-19 Varian Delta
Willy Haryono • 26 Juli 2021 07:49
Melbourne: Negara bagian New South Wales, Australia mencatat peningkatan harian tertinggi kedua tahun ini dalam kasus covid-19 secara lokal pada Minggu. Laporan kasus baru ini muncul di tengah kekhawatiran gelombang infeksi baru setelah ribuan orang bergabung dalam protes antilockdown.
 
“Sehubungan dengan protes kemarin, dapatkah saya mengatakan betapa jijiknya saya. Itu menghancurkan hati saya,” ujar Gladys Berejiklian, perdana menteri negara bagian terpadat di negara itu, mengatakan kepada wartawan.
 
“Mudah-mudahan tidak menjadi kemunduran, tapi bisa saja,” katanya, seperti dikutip The Fiji Times, Senin 26 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada 141 kasus covid-19 yang dilaporkan, turun dari 163 sehari sebelumnya. Wabah virus korona yang dimulai pada Juni, didorong oleh varian Delta yang sangat menular, dan sekarang telah menginfeksi 2.081 orang di New South Wales. Ada 43 orang yang dirawat intensif, naik dari 37 orang sehari sebelumnya.
 
Dikecam karena peluncuran vaksin yang lambat, Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan lebih banyak pasokan vaksin tidak akan memastikan New South Wales keluar dari penguncian. Tetapi yang dibutuhkan adalah penguncian yang efektif dan ditegakkan dengan benar.
 
“Biar saya perjelas, tidak ada alternatif selain penguncian di New South Wales untuk mengendalikan ini. Tidak ada peluru ajaib lain yang akan melakukan itu," kata Morrison kepada wartawan pada konferensi media yang disiarkan televisi.
 
“Protes antilockdown di Sydney sembrono dan merugikan diri sendiri,” ucap PM Morrison.
 
Sementara Berejiklian dan para pemimpin negara bagian lainnya menyalahkan Canberra atas peluncuran vaksin yang lambat, para kritikus mengatakan NSW tidak menegakkan perintah tinggal di rumah, yang telah menyebabkan kebocoran varian Delta ke negara bagian lain.
 
Setidaknya 38 dari kasus baru di NSW telah menghabiskan waktu di masyarakat saat menular, kata otoritas kesehatan negara bagian. Jumlah kasus seperti itu tetap tinggi bahkan setelah empat minggu penguncian di Sydney, sekarang diperkirakan akan diperpanjang melampaui 30 Juli.
 
Negara bagian melaporkan dua kematian dalam semalam, termasuk seorang wanita berusia 30-an tanpa kondisi yang sudah ada sebelumnya.

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif