Ilustrasi topan badai. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi topan badai. (Foto: Medcom.id)

Badai Harold Hantam Vanuatu di Tengah Ancaman Covid-19

Internasional Virus Korona vanuatu
Marcheilla Ariesta • 06 April 2020 15:45
Port Vila: Badai tropis Harold menghantam Vanuatu setelah sebelumnya menewaskan 27 orang di Kepulauan Solomon. Topan ini mengobrak-abrik Vanuatu, negara yang tengah menjalani status darurat nasional terkait pandemi virus korona (covid-19).
 
Usai bergerak Solomon, Harold mendekati provinsi Sanma, sebuah pulau di utara ibu kota Port Vila. Kecepatan putaran angin Harold mencapai 215 kilometer per jam, terhitung pada pukul 13.00 waktu setempat.
 
Sejauh ini tidak ada laporan korban akibat Harold di Vanuatu. "Ada banyak kerusakan di Sanma, banyak bangunan yang rusak," kata Ketua Palang Merah Vanuatu Jacqueline de Gaillande, dilansir dari Channel News Asia, Senin 6 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sanma merupakan provinsi tempat berdirinya kota terpadat kedua di Vanuatu, yakni Luganville. Dari foto-foto yang beredar di media sosial, terlihat berbagai bangunan di Luganville hancur diterjang karena badai.
 
"Kami tidak tahu apakah dapat memberikan dukungan ke pulau itu, karena kami tidak diizinkan melakukan perjalanan antar-pulau. Kami hanya menunggu pemerintah membuat keputusan tersebut," imbuh Jacqueline.
 
Meski sudah menetapkan darurat nasional covid-19, Vanuatu sejauh ini masih belum mencatat satu pun kasus positif. Pemerintah Vanuatu melarang semua warga untuk melakukan penerbangan internasional maupun domestik. Semua warga Vanuatu juga dilarang menggelar pertemuan yang melibatkan lebih dari lima orang.
 
Sejauh ini, wilayah Pasifik telah mencatat 60 kasus positif covid-19, dengan satu kematian terkonfirmasi di Guam.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif