Penny Williams menjadi dubes perempuan pertama Australia untuk Indonesia. Foto: Sydney Morning Herald
Penny Williams menjadi dubes perempuan pertama Australia untuk Indonesia. Foto: Sydney Morning Herald

Dubes Baru Australia untuk RI Fasih Bahasa Indonesia

Internasional Australia indonesia-australia
Marcheilla Ariesta • 15 April 2021 05:16
Canberra: Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne mengumumkan telah menunjuk Penny Williams sebagai Duta Besar Australia untuk Indonesia. Penunjukkan Penny ini diharapkan akan semakin mempererat hubungan Indonesia-Australia.
 
Baca: Australia Punya Duta Besar Baru untuk Indonesia, Ini Sosoknya.
 
"Penny adalah pejabat karier senior di Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) dan baru-baru ini menjadi Deputy Secretary di Kementerian,” kata Payne dalam pernyataannya, Rabu, 14 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Payne menuturkan Penny menjadi dubes perempuan pertama Australia untuk Indonesia. Bahkan, Penny disebut-sebut fasih berbahasa Indonesia dan memiliki gelar Bachelor of Asian Studies dengan fokus pada Indonesia.
 
Menurut Payne, hubungan Indonesia-Australia merupakan salah satu yang terpenting bagi negaranya. Hal tersebut didukung Kemitraan Strategis Komprehensif 2018 yang semakin mengintensifkan kerja sama kedua negara, mencakup strategis, keamanan, ekonomi, dan hubungan antar masyarakat.
 
"Bersama-sama kita berkontribusi pada forum regional dan global, mengelola salah satu batas maritim terpanjang di dunia, serta memerangi terorisme dan kejahatan transnasional. Kami bekerja dalam kemitraan untuk menanggapi dan pulih dari pandemi global covid-19," seru Payne.
 
Ia menuturkan, Indonesia merupakan mitra dagang terbesar ke-13 Australia. Pemberlakukan Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) pda 2020 menjadi hal terpenting bagi hubungan kedua negara.
 
"Dapat menciptakan hubungan ekonomi yang lebih kuat serta memberikan kepastian yang lebih besar dan akses yang lebih baik bagi eksportir, penyedia layanan, dan investor kedua negara kita," imbuhnnya.
 
Indonesia dan Australia juga bekerja sama untuk menghadapi tantangan kesehatan, kemanusiaan, dan ekonomi bersama yang ditimbulkan covid-19.
 
"Indonesia adalah mitra penting bagi program pembangunan kami dan Inisiatif Vaksin Indo-Pasifik, di mana kami mendukung akses vaksin covid-19 yang aman dan efektif," ungkap Payne.
 
Sementara itu, sebelum menjadi dubes untuk Indonesia, Penny sempat bertugas sebagai duta besar untuk Malaysia. Ia juga merupakan Duta Besar Australia pertama untuk Perempuan dan Anak Perempuan.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif