Menlu Tiongkok Wang Yi. (Foto: AFP)
Menlu Tiongkok Wang Yi. (Foto: AFP)

Hubungan Bilateral Membaik, Menlu Tiongkok Berkunjung ke Jepang

Internasional jepang tiongkok jepang-tiongkok laut china timur
Marcheilla Ariesta • 24 November 2020 14:17
Tokyo: Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, akan mengunjungi Tokyo, Jepang pada Selasa ini, 24 November 2020. Kunjungan dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran sejumlah pihak atas meningkatnya aktivitas Beijing di kawasan.
 
Namun di waktu bersamaa, hubungan Tiongkok dan Jepang dipersepsikan sejumlah pihak mulai membaik.
 
Ini merupakan kunjungan perdana Wang ke Jepang yang berada di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Yoshihide Suga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejauh ini, PM Suga dikenal berusaha menyeimbangkan ketergantungan ekonomi Jepang yang mendalam pada Tiongkok dengan mengatasi kekhawatiran di bidang keamanan, termasuk klaim Beijing atas deretan pulau di Laut China Timur.
 
Baca:  Jepang Desak Tiongkok Tarik Dua Kapal dari Laut China Timur
 
Jepang juga mendorong perusahaan-perusahaan mereka untuk mendiversifikasi rantai pasokan dan mengurangi ketergantungan pada Tiongkok dengan membawa pulang produksi atau memindahkannya ke Asia Tenggara.
 
Suga saat ini tengah menghindari retorika keras anti-Tiongkok yang digunakan sekutu utama Jepang, Amerika Serikat. Ia lebih fokus memperdalam hubungan dengan beberapa negara mitra seperti Australia, dan juga memilih perjalanan luar negeri perdananya ke Vietnam dan Indonesia.
 
"Ada berbagai kekhawatiran terkait hubungan bilateral. Seperti yang saya katakan, saya pikir penting untuk menyelesaikan masalah tersebut satu per satu melalui pembicaraan tingkat tinggi," ujar Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi kepada awak media, dilansir dari Malay Mail.
 
Ia berencana melakukan tukar pandangan secara terbuka dengan Wang mengenai hubungan bilateral Jepang-Tiongkok. Hal ini meliputi lalu lintas perdagangan kedua negara selama pandemi covid-19.
 
Media Jepang melaporkan, Motegi juga akan menyinggung mengenai kekhawatiran Jepang atas meningkatnya aktivitas Tiongkok di Laut China Timur. Terlepas dari ketegangan, kedua pihak berusaha mengambil langkah-langkah untuk memulihkan hubungan.
 
Bulan ini, Tiongkok menandatangani Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) dengan 14 negara ekonomi lainnya, termasuk dengan Jepang, dan Korea Selatan. Ini merupakan kesepakatan perdagangan multilateral pertama bagi Tiongkok, pengaturan pengurangan tarif bilateral pertama antara Jepang dan Tiongkok, dan pertama kalinya Tiongkok, Jepang serta Korsel berada dalam satu blok perdagangan bebas.
 
Wang dijadwalkan terbang ke Korsel setelah dari Jepang. Isu Korea Utara akan masuk dalam agenda pembahasan di Seoul.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif