Taliban menguasai 15 kota di Afghanistan. Foto: AFP.
Taliban menguasai 15 kota di Afghanistan. Foto: AFP.

Taliban Merajalela, KBRI Kabul Sebut 6 WNI di Afghanistan Sehat dan Aman

Internasional konflik afghanistan Taliban afghanistan wni taliban afghanistan perlindungan wni
Marcheilla Ariesta • 13 Agustus 2021 18:21
Jakarta: Amerika Serikat dan Inggris telah mengumumkan akan mengevakuasi warga dan diplomat mereka dari Afghanistan. Langkah ini dilakukan setelah Taliban semakin 'ganas' menguasai kota-kota di Afghanistan.
 
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha menuturkan, terdapat enam WNI di Afghanistan saat ini.
 
"KBRI Kabul terus menjalin komunikasi dengan enam WNI yang berada di Afghanistan. Kondisi mereka saat ini sehat dan aman," ucap Judha, Jumat, 13 Agustus 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"KBRI terus memonitor kondisi keamanan terakhir," kata dia.
 
Ia menuturkan, enam WNI tersebut terdiri dari dua yang bekerja di PBB, dua ekspatriat, dan dua WNI yang menikah dengan warga negara Afghanistan.
 
Judha menuturkan, KBRI Kabul sudah menyusun rencana kontijensi untuk pemulangan WNI. "Untuk antisipasi jika situasi keamanan semakin memburuk," terangnya.
 
Terakhir, Taliban telah menguasai kota Feruz Koh, di provinsi Ghor. Kota ini menjadi ibu kota provinsi ke-15 yang direbut Taliban dari pemerintah Afghanistan dalam sepekan.
 
Baca juga: Sudah 15 Ibu Kota Provinsi Afghanistan Dikuasai Taliban
 
"Taliban menguasai kota Feruz Koh di provinsi Ghor di Afghanistan barat tanpa pertempuran," kata para pejabat.
 
Pejabat lokal dan pasukan keamanan telah meninggalkan pusat kota. Sementara itu, Taliban mengendalikan semua gedung pemerintah di kota tersebut.
 
Sementara itu, negosiator pemerintah Afghanistan di Qatar mengatakan, mereka telah menawarkan proposal bagi kekuasaan kepada Taliban. Langkah ini diambil sebagai imbalan untuk kelompok itu karena berhenti melakukan kekerasan.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif