Presiden AS Donald Trump (kanan) bersama PM India Narendra Modi. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump (kanan) bersama PM India Narendra Modi. (Foto: AFP)

India Rilis Hidroksiklorokuin usai Diancam Trump

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Arpan Rahman • 07 April 2020 19:00
New Delhi: India sepakat mencabut larangan ekspor hidroksiklorokuin, sebuah jenis obat yang dianggap Presiden Amerika Serikat Donald Trump krusial dalam perang melawan virus korona (covid-19). Keputusan diambil usai Trump melayangkan ancaman bahwa AS akan menyiapkan "balasan" jika India tidak bersedia mengekspor hidroksiklorokuin.
 
Trump berulang kali mengklaim hidroksiklorokuin sebagai obat yang mungkin dapat menyembuhkan pasien covid-19. Padahal, sejumlah pakar medis tidak atau belum merekomendasikan obat tersebut dalam penanganan covid-19.
 
Hidroksiklorokuin sangat mirip dengan klorokuin, salah satu jenis obat tertua dan paling dikenal dalam perawatan pasien malaria.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun hidroksiklorokuin -- yang juga dapat menyembuhkan sejumlah penyakit auto-imun -- telah menjadi sorotan di dunia medis dalam beberapa dekade terakhir sebagai obat yang berpotensi mengalahkan infeksi virus tertentu.
 
Hingga kini, belum diketahui berapa banyak hidroksiklorokuin yang akan diekspor India ke AS.
 
"Pasokan (hidroksiklorokuin) saat ini memungkinkan sejumlah perusahaan kami untuk memenuhi komitmen ekspor seperti yang telah disepakati sebelumnya," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri India Anurag Srivastava, dikutip dari BBC, Selasa 7 April 2020,
 
Pada Minggu 5 April, Trump berbicara langsung dengan Perdana Menteri India Narendra Modi via sambungan telepon. Percakapan keduanya berlangsung satu hari usai India melarang ekspor semua jenis obat tanpa terkecuali.
 
Tak lama usai dihubungi Trump, Modi mengubah sikap dan memutuskan mencabut ekspor 24 bahan farmasi dan obat-obatan, termasuk hidroksiklorokuin. Keputusan mencabut larangan ekspor hidroksiklorokuin diambil meski jumlah kasus covid-19 di India terus meningkat.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Selasa petang, total jumlah infeksi covid-19 di India telah melampaui 4.858 dengan 137 kematian dan 382 pasien sembuh.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif