Warga Beijing antre tes covid-19./AFP
Warga Beijing antre tes covid-19./AFP

Cegah Penyebaran Covid-19, Beijing Tutup 40 Stasiun dan 158 Rute Bus

Internasional Virus Korona Tiongkok covid-19 pandemi covid-19
Marcheilla Ariesta • 04 Mei 2022 18:38
Beijing: Ibu kota Tiongkok, Beijing menutup puluhan stasiun metro dan bus mulai Rabu, 4 Mei 2022. Langkah ini diambil untuk menghentikan penyebaran covid-19 di negara itu.
 
Beijing mengambil keputusan ini untuk menghindari memiliki nasib seperti Shanghai di mana jutaan penduduk dikurung ketat selama lebih dari sebulan.
 
Tak hanya Beijing, kota Zhengzhou juga melakukan penguncian, bergabung dengan puluhan kota besar lainnya di Tiongkok. Rumah bagi 12,6 juta penduduk itu merupakan kota pabrik tempat pembuatan iPhone Apple, Foxconn.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lebih dari 40 stasiun kereta bawah tanah dan 158 rute bus ditutup sebagai langkah pencegahan penyebaran covid-19," kata penyedia layanan transportasi Beijing, dilansir dari Channel News Asia.
 
Sebagian besar stasiun dan rute yang ditangguhkan berada di wilayah Chaoyang, pusat wabah di Beijing. Kota ini setiap harinya memiliki puluhan kasus baru.
 
Baca juga: Kasus Covid-19 Muncul Lagi, Lockdown Shanghai Batal Dicabut
 
Kota berpenduduk 22 juta orang itu telah menutup sekolah serta beberapa bisnis dan bangunan tempat tinggal di daerah berisiko tinggi. Banyak orang menimbun bahan makanan jika penguncian penuh benar-benar terjadi.
 
Sebanyak 12 dari 16 wilayah di Beijing melakukan tes putaran kedua selama tiga pekan terakhir. Sementara itu, di Shanghai, tidak terlihat akhir dari penguncian.
 
Beberapa dari 25 juta orang Shanghai telah mendapat manfaat dari pelonggaran sementara tindakan pencegahan sejak Minggu. Biasanya hanya satu anggota rumah tangga yang diizinkan untuk berjalan-jalan sebentar, menghirup udara segar, dan sedikit berbelanja di supermarket.
 
Menurut data terbaru, Shanghai menemukan 63 kasus baru di luar daerah di bawah pembatasan ketat.
 
Pihak berwenang mengatakan kebijakan nol-covid bertujuan untuk menyelamatkan nyawa sebanyak mungkin.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif