Ilustrasi topan badai. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi topan badai. (Foto: Medcom.id)

Badai 'Sekali dalam Satu Dekade' Terjang Australia Barat

Internasional topan badai australia
Arpan Rahman • 26 Mei 2020 11:50
Perth: Badai dahsyat yang hanya datang "sekali dalam satu dekade" menerjang Australia Barat (WA) dengan kekuatan dahsyat yang menerbangkan banyak atap rumah dan menumbangkan pepohonan di area sepanjang 1.000 kilometer pada Senin 25 Mei. Lebih dari 60 ribu rumah kehilangan aliran listrik, yang sebagian besarnya ada di Perth.
 
Hingga Selasa 26 Mei 2020, tidak ada laporan korban tewas maupun luka akibat Siklon Tropis Mangga.
 
Dilansir dari BBC, Biro Meteorologi Australia mengatakan badai ini berasal dari dua sistem yang bertabrakan, yakni Siklon Tropis Mangga dan aliran udara dingin dari selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aliran udara dingin itu memicu hujan deras di seantero Australia Barat pada Senin kemarin. Otoritas setempat pun mengumumkan kemungkinan terjadinya banjir bandang.
 
Juru bicara Departemen Pemadam Kebakaran dan Urusan Darurat (DFES) mengatakan kepada BBC bahwa badai tersebut menerjang banyak rumah "di bagian selatan" dari Australia Barat.
 
Kerusakan dilaporkan terjadi di banyak daerah, mulai dari kota resor Kalbarri hingga ke kota Denmark. Kecepatan angin di kota Denmark mencapai 132 kilometer per jam, sementara di Perth 117 km per jam.
 
Saat ini peringatan cuaca buruk masih diberlakukan di seantero Australia Barat. Beberapa bagian di daerah tersebut diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras.
 
"Ini merupakan peristiwa langka bagi WA jika dilihat dari area terdampak," ucap Biro Meteorologi Australia.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif