Warga Korsel memakai masker saat berjalan di salah satu area kota Seoul. (AFP)
Warga Korsel memakai masker saat berjalan di salah satu area kota Seoul. (AFP)

Kali Pertama, Kasus Harian Covid-19 Korsel Lampaui 13 Ribu

Internasional korea selatan covid-19 Omicron Varian Omicron
Willy Haryono • 26 Januari 2022 13:03
Seoul: Jumlah kasus harian Covid-19 di Korea Selatan melampaui 13 ribu pada Rabu, 26 Januari 2022. Angka 13.012 ini merupakan kali pertama sejak masuknya varian Covid-19 Omicron ke Negeri Gingseng.
 
Menurut keterangan otoritas Korsel, Omicron mungkin akan menyumbang lebih dari 90 persen total infeksi baru di Korsel dalam beberapa pekan ke depan. Angka kasus harian diprediksi akan melonjak ke kisaran 20 atau 30 ribu.
 
Omicron telah menjadi varian Covid-19 yang dominan di Korsel sejak pekan kemarin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  Didominasi Omicron, Infeksi Harian Korsel Tembus 8.571 Kasus
 
"Melangkah ke depan, prioritas kami adalah mengurangi jumlah pasien kritis dan kematian," kata Perdana Menteri Korsel Kim Boo-kyum dalam sebuah pertemuan lintas kementerian, dilansir dari The Asahi Shimbun.
 
Sebuah kebijakan baru seputar tes Covid-19 telah berlaku di empat kota Korsel. Di bawah aturan ini, hanya grup prioritas yang bisa menjalani tes PCR, sementara kelompok warga lainnya adalah antigen.
 
Kebijakan tersebut akan diperluas pada 29 Januari, dengan meliputi sekitar 256 situs tes di seantero negeri. Bulan depan, lokasi tes akan diperluas ke ratusan klinik lokal.
 
Pemerintah Korsel juga memangkas periode isolasi wajib bagi warga yang sudah divaksinasi namun positif Covid-19 dari 10 hari menjadi sepekan. Ini merupakan bagian dari upaya Korsel mengatasi masalah kekurangan sumber daya manusia.
 
Korsel, negara dengan total populasi 52 jutta, mencatat 762.983 kasus dengan 6.620 kematian sejak awal pandemi. Angkanya relatif rendah dibanding negara-negara besar lain, meski Korsel sempat terkena dampak parah pandemi di awal 2020.
 
Lebih dari 95 persen orang dewasa di Korsel sudah divaksinasi lengkap, dengan 58 persen telah menerima sunttikan booster, menurut data Pusatt Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC).
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif