Ilustrasi kapal tenggelam. (Foto: Medcom)
Ilustrasi kapal tenggelam. (Foto: Medcom)

Kapal Feri Diterjang Badai di Solomon, 28 Penumpang Hilang

Internasional topan badai
Willy Haryono • 04 April 2020 13:26
Honiara: Sedikitnya 28 orang terlempar dari sebuah kapal feri yang diterjang badai dahsyat di lepas pantai Kepulauan Solomon. Kapten kapal tak menyadari dirinya telah kehilangan penumpang meski sudah berlabuh.
 
Kapal MV Taimareho bertolak dari Honiara menuju Are'are Barat pada Kamis malam kemarin. Kapal tersebut tetap berlayar meski Kepulauan Solomon tengah dilanda Siklon Harold.
 
Sejumlah badan prakiraan cuaca telah memperingatkan agar tidak ada pelayaran apapun di Kepulauan Solomon selama badai. Namun kapten kapal mengabaikan peringatan tersebut dan tetap berlayar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Laporan awal menyebutkan bahwa kapten kapal tidak tahu ada orang hilang. Ia baru diberi tahu saat kapalnya tiba di Are'are," ujar Ketua Kepolisian Air Kepulauan Solonon, Charles Fox Sau.
 
"Saat ini kami belum dapat mengonfirmasi ada berapa banyak orang yang hilang," lanjutnya, dikutip dari laman The Straits Times, Sabtu 4 April 2020.
 
Merespons insiden tersebut, Perdana Menteri Manasseh Sovagare mengatakan bahwa operasi pencarian dan penyelamatan terus berlanjut di sekitar lokasi kejadian.
 
"Saya sangat sedih saat mengetahui ada sejumlah penumpang kapal yang hilang di laut. Kapal tetap berlayar dari Honiara meski sudah ada peringatan cuaca," tutur PM Sovagare.
 
Otoritas penanggulangan bencana di Solomon mengaku kerepotan karena saat ini sedang mempersiapkan diri menghadapi ancaman pandemi virus korona (covid-19). Sejauh ini, Kepulauan Solomon yang dihuni sekitar 600 ribu jiwa masih terhindar dari ancaman virus tersebut.
 
Siklon Harold, dengan kecepatan putaran angin hingga 160 kilometer per jam, telah menumbangkan pepohonan dan merusak sejumlah rumah di Kepulauan Solomon. Siklon tersebut diprediksi mencapai Vanuatu pada Minggu malam.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif